Banner

Friday, April 26, 2019

Danrem 071/Wijayakusuma Apresiasi Sang Juara Tinju Wanita

BARITORAYAPOST.COM (Banyumas) - Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., apresiasi keluarga prajurit yang berhasil menorehkan prestasi di bidang olahraga khususnya olahraga keras yakni tinju dan karate. Apresiasi diberikan ke keluarga prajurit TNI atas nama Serda Arnyolius Joa Babinsa Koramil 20/Lumbir Kodim 0701/Banyumas, yang sukses mengangkat nama baik satuan Kodim 0701/Banyumas, Korem 071/Wijayakusuma dan Kodam IV/Diponegoro serta TNI maupun nama baik Banyumas di event tingkat Provinsi.

Selain Serda Arnyolius Joa sendiri, anggota keluarganyapun sukses raih prestasi dibidang olahraga, Ny. Fernawati Lase (istrinya) seorang anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Dim 0701/Banyumas dan saat ini bekerja di Satpol PP Pemkab Banyumas, telah banyak menorehkan prestasi sebagai juara tinju wanita diberbagai event baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional serta kejuaran tinjau wanita lainnya, seperti pada kejuaraan tinju tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018 sebagai juara 1 kelas 57 Kg. Juara 1 Tinju Piala Pangdam IV/Diponegoro 2010 kelas 51 Kg, juara 1 kejuaraan tinju piala Danrem 073/Mkt (2010), juara tinju Walikota dan DPRD Semarang (2011), juara 3 North Sulawesi Boxing Championship (2011), juara 2 kejuaraan tinju Bupati dan DPRD Labuhan Batu (2011), juara 1 kejurnas tinju senior putri di Nusa Tenggara Barat (2011), juara 1 kejuaraan tinju Walikota dan Kapolres Surakarta (2011), juara 1 Pra PON tahun 2011 di Nusa Tenggara Barat, juara 1 kejuaraan tinju Wakil Presiden RI tahun 2011 di Jakarta, juara 1 kejuaraan Sarung tinju nasional tahun 2013 di Sumatera Utara, juara 1 kejuaraan tinju Bupati Banjarnegara dan juara 2 tinju Danrem 071/Wk di Brebes (2017). Berkat kerja keras dan semangatnya menekuni tinju wanita tersebut, Ny. Fernawati Lase baik dalam kejuaraan tingkat daerah maupun nasional, dinobatkan sebagai Petinju Putri berpredikat "Terbaik Nasional Tahun 2011".

Fernawati Lase, saat ditemui Danrem 071/Wijayakusuma beserta Kasrem dan para Kasirem 071/Wk serta Dandim 0701/Banyumas di rumahnya di Desa Banteran Rt. 02 Rw. 06 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, mengatakan, diakuinya bahwa tinju merupakan hobinya sejak kecil. "Sejak kecil, saya memang sudah menyukai olahraga", terangnya.

Dikatakan, berawal dari kegiatan ekstrakulikuler di kampus Akademi Maritim Nusantara Cilacap (2001), dimana setiap mahasiswa wajib memilih salah satu kegiatan dibidang olahraga, ia pun memilih beladiri sebagai kegiatan ekstrakulikulernya. "Sejak itu, saya memulai menekuni beladiri karate", ujar wanita kelahiran Dahana, Nias, Sumatera Utara 32 tahun lalu.
"Fokus berlatih olahraga tinju dimulai saat duduk dibangku akhir semester kuliah tahun 2010", ungkapnya.

Sewaktu ada pertandingan karate, Fernawati sering memukul lawan terlalu keras sehingga setiap kali bertanding selalu didiskualifikasi. Dan semenjak itulah, pelatihnya menyarankan ikut beladiri tinju. Pertama kalinya turun di ring tinju, ia digembleng di Nusakambangan Cilacap oleh pelatih dan atlit seniornya. Dan hingga akhirnya, iapun diajak pelatihnya naik ring tinju pada Mei 2010 di Semarang pada kejuaraan tinju piala Pangdam IV/Diponegoro. Ia turun dikelas 51 Kg, dikarenakan dikelas 51 Kg sudah ada atlit dari Cilacap yang mengisi, dan diarahkan oleh KONI mewakili Jepara. Pada piala Pangdam IV/Diponegoro ini, ia meraih sukses pertama kalinya sebagai juara 1 di kelas 51 Kg.

Disamping Serda Arnyolius dan istrinya Ny. Fernawati Lase, satu keluarga ini sukses meraih prestasi, anak pertamanya yang saat ini berusia 11 tahun sampai saat ini telah terdaftar sebagai atlit karate nasional.
Dikatakan Arnyolius, anaknya yang pertama sudah dilatih secara intensif sejak usia 4 tahun, dan hingga saat ini telah berhasil meraih berbagai prestasi. Diantaranya, juara 1 kejurnas Kata dan Komite tahun 2013, juara 1 Popda Kata dan Komite tahun 2016, juara 1 Olimpiade olahraga SD tingkat Provinsi Jawa Tengah Kata dan Komite 2018, serta saat ini sedang mengikuti seleksi atlit karate Eropa di Jakarta.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., saat berkunjung kerumah keluarga Serda Arnyolius Joa, Kamis (25/4/2019) mengungkapkan apresiasinya atas prestasi yang membanggakan keluarga seorang prajurit TNI Kodim 0701/Banyumas.

Dikatakan, apa yang telah ditorehkan keluarga Serda Arnyolius, merupakan prestasi yang membanggakan karena telah memberikan nama baik bagi keluarga dan satuan khususnya maupun TNI umumnya.

"Kami apresiasi apa yang telah diberikan keluarga Serda Arnyolius karena telah memberikan kehormatan nama baik keluarga dan satuan khususnya dibidang olahraga. Semoga kedepannya, ada Arnyolius-arnyolius lainnya diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang dapat menorehkan prestasi lainnya", paparnya.

"Kami datang kekeluarga Serda Arnyolius selain bersilaturahmi juga ingin mengenal lebih dekat keluarga berprestasi ini. Tentunya tidak hanya ini saja, namun seluruh keluarga prajurit Wijayakusuma maupun PNS jajaran Korem 071/Wijayakusuma dimanapun berada dan bertugas, kami akan senantiasa memnyuport dan mendukung atas keberhasilannya dalam membina keluarga prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma", terangnya.

"Prestasi yang diraihnya ini, merupakan tauladan dan contoh positif bagi segenap prajurit dan PNS jajaran Korem 071/Wijayakusuma. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga Serda Arnyolius yang telah membawa nama baik keluarga, satuan dan TNI, dan semoga kedepannya sukses dan berhasil membawa nama bangsa dan negara dimata dunia", pungkasnya.

Disela kunjungannya tersebut, Danrem 071/Wijayakusuma memberikan Piagam Penghargaan kepada ibu Ferniwati Lase (istri Serda Arnold) atas prestasi yang merupakan kebanggaan keluarga besar Korem 071/Wk. Dan memberikan santunan tali asih kepada ibu Ferniwati Lase dan putri pertamanya yang juga atlet yunior Karate Nasional.(Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top