Banner

Thursday, April 25, 2019

Dewan Desak Pemkab Jalankan Perda Sosial

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau mendesak Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau segera melaksanakan Perda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial untuk membantu panti jompo dan anak terantar, sehingga dapat diberi intensif oleh pemerintah daerah setempat.

"Terkait belum keluarnya Perbup tentang kesejahteraan Sosial, sedangkan Perda sudah lama ditetapkan, sehingga dapat segera dilaksanakan untuk membantu panti jompo dan anak terantar yang diberi intensif dari pemerintah daerah, " Kata Diharyo, Kamis (25/4).

Menurutnya, Perda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial ini merupakan inisiatif DPRD Komisi III sewaktu saya masih di Komisi III. Sesuai dengan Perda Kabupaten Pulang Pisau nomor 3 tahun 2017 tentang Kesejahteraan Sosial. Ditetapkan Perda ini kata Diharyo, bertujuan untuk mencegah dan mengurangi dari resiko guncangan kerentanan sosial agar kelangsungan hidup dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

"Perlindungan sosial sebagaimana yang dimaksudkan adalah seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat yang tidak manpu secara ekonomi dan juga tindak lanjut dari UUD 45, yang menyebutkan panti jompo dan anak terlantar dipelihara oleh negara termasuk Pemda , " jelas Legislator asal PKB Pulpis ini.

Dia juga menjelaskan, bantuan kesejahteraan sosial ini bersifat sementara, dan dapat juga  diberikan pada saat terjadi guncangan dan kerentanan sosial secara tiba-tiba sampai keadaan stabil, dalam hal ini guncangan dan kerentanan terjadi akibat bencana.

"Bantuan ini bersifat sementara, dan diberikan setelah berkoordinasi dengan instansi berwenang dan Dinas Sosial sebagai Dinas teknisnya, " ungkapnya (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top