Banner

Sunday, April 28, 2019

Dinkes Pulang Pisau Verifikasi  Posyandu

Foto: Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Mak'ruf Kurkhi

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pusau) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau mulai melakukan inventarisasi posyandu untuk dilakukan diverifikasi. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan penataan baik dari administrasi maupun indikator lainnya, sehingga keberadaan Posyandu bisa dikatagorikan keaktifannya.

" Ada 36 indikator yang akan dilihat keaktifannya. Apabila tingkatannya diatas 85 persen, maka bisa dikatagorikan masuk Posyandu Mandiri, " kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Mak'ruf Kuhkri.

Dia menjelaskan, apabila persentase di bawah 85 persen sampai 75 persen , maka tingkatannya masuk katagori Posyandu Purnama. Sementara persentase di bawah 75 sampai 65 persen, Mak'ruf menjelaskan Posyandu tersebut dikatagorikan Madya. Kemudian tingkatannya dibawah 65 persen, maka masuk katagori Pratama.

" Penilaian yang digunakan oleh DPMD itu hanya dua indikator, yakni aktif dan tidak aktif. Sementara untuk Dinkes mengunakan 36 indikator, " kata Mak'ruf menjelaskan.

Menurutnya, jika sandingkan indikator antara Dinkes dengan DPMD, yang dinamakan Posyandu aktif adalah Mandiri dan Purnama. Sementara tingkatan yang tidak aktif adalah Pratama dan Madya. Dia juga mengakui, jika beberapa Kepala Desa sempat melalukan protes, karena Posyandu mereka dinyatakan tidak aktif.

" Tetapi setelah kita jelaskan beberapa indikator itu, mereka paham dan mengerti. Posyandu dinyatakan aktif, jika memenuhi 36 indikator diantaranya, SK Posyandu, sembilan buku yang wajib dimiliki Posyandu dan lainnya, " ungkapnya (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top