Banner

Monday, April 29, 2019

Festival Jajaka Hadirkan Karnaval Budaya Yang Diikuti Peserta Dari Luar Daerah Bartim


BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) disambut baik oleh Kabupaten tetangga yang juga berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh utusan sanggar tari, komunitas, siswa siswi SMA yang mewakili Kecamatan se-Kabupaten Barito Timur, acara yang menjadi bagian dari Festival Jajaka ini juga diikuti oleh peserta karnaval dari luar daerah diantaranya dari Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, secara resmi dibuka dan dilepas oleh Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. Minggu (27/04/2019).

Sebelumnya Plt.Kadis Disbudparpora,Drs.Nanprasito,MAP dalam sambutannya mengatakan bahwa rangkaian kegiatan pawai Karnaval seni dan Budaya ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan adat dan budaya warga masyarakat Dayak Kalimatan Tengah khususnya dan Kalimantan pada umumnya.

"Sudah seharusnya kita sebagai orang dayak tetap menjaga serta melestarikan adat budaya yang sudah diwariskan nenek moyang kita turun temurun yang mana itu merupakan bagian dari jati diri kita yang harus kita jaga, lestarikan dan pertahankan", pungkasnya.

Rangkaian acara karnaval budaya yang dimulai pukul 15:00 Wib diakhiri pada pukul 17:00 Wib dengan memberikan hadiah serta piagam penghargaan bagi para pemenang karnaval tim/regu maupun perorangan.
Adapun peserta yang beruntung mendapatkan  hadiah maupun piagam penghargaan berdasarkan penilaian dewan juri untuk kategori adalah, Juara Karnaval:

Kategori Flora Fauna:
  1. Naomi Theodora Siregar (tamiang layang)
  2. Zulkifli (barabai)
  3. Midan (barsel)
Kategori Tokoh Legenda:
  1. Rebeca Priskila (tamiang layang)
  2. Fitran (tanjung)
  3. Gita (tamiang layang )
Kategori Kelompok:
  1. Sanggar Komandan
  2. Kec Paku
  3. Kec Dusun Timur
Sedangkan Bartim sendiri, Kecamatan Dusun Timur yang berhasil menduduki posisi pertama, Sanggar Kupang Wa'u Isa Pakat dari Kecamatan Paku untuk juara dua dan untuk juara ketiga diraih oleh Karang Taruna Pangunraun Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur. (Ycp/Adi/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top