Banner

Sunday, April 28, 2019

Rakerda Masyarakat Adat Digelar Di Barsel

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Daerah Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2019.

Bertempat di Aula KNPI, Buntok. AMAN Barsel menggelar agenda itu berlangsung selama tiga hari, yang mana dikatakan pada agenda tersebut, dirangkai dengan penyusunan  rencana strategis sebagai program kerja organisasi.

"Rakerda ini dilaksanakan selama tiga hari, adapun kegiatan didalamnya berupa penyusunan rencana kerja strategis, dengan melibatkan para perwakilan komunitas adat anggota AMAN," kata panitia acara, Agus Irwanto, kepada media ini, Sabtu (27/4/2019)

Lebih lanjut dikatakan dia, bahwa agenda Rakerda, bertujuan untuk menguatkan, serta meningkatkan konsolidasi organisasi AMAN dalam rangka menciptakan pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakat adat.

"Penguatan organisasi melalui perumusan program kerja strategis, bisa berdampak signifikan guna mewujudkan visi dan misi AMAN," ujarnya.
Sebelumnya, pada acara pembukaan, Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri, yang diwakili Asisten I Setda Barsel, H. Jumadi mengatakan, bahwa pengakuan hak-hak adat merupakan hal penting yang mesti dipenuhi oleh pemerintah.

"Hak-hak masyarakat adat penting untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Sayangnya proses itu terkadang berbenturan dengan sejumlah regulasi, seperti undang-undang Kehutanan," sebut Jumadi. 

Dibagian lain, mantan kabag humas Pemkab Barsel ini meminta agar kedepan bisa terjalin hubungan kerjasama antar organisasi masyarakat adat dengan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan.

"Kiranya terjalin sinergitas antara AMAN dengan Dewan Adat Dayak Barsel, sehingga bisa bersama-sama memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, menuju cita-cita masyarakat adat yang sejahtera, berkeadilan dan bermartabat," tukasnya.(BRP/GS).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top