Banner

Saturday, April 27, 2019

Temuan Bawaslu, Kelurahan Pendang Gelar PSU

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Berdasarkan temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Barito Selatan (Barsel), merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barsel agar melaksanakan Pemungutan suara Ulang (PSU) Kelurahan Pendang, kecamatan Dusun Utara, melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

Sebelumnya, Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Barsel, Suwarsono, mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan rekomendasi ke  KPU Barsel, terkait temuan pemungutan suara yang tidak memenuhi persyaratan pada 17 April 2019.

"Rekomendasi Bawaslu minta KPU harus melaksanakan PSU di TPS 06 Kelurahan Pendang. Kami Berpegang teguh pada pendirian berdasarkan temuan adanya pelanggaran disertai bukti-bukti yang valid," kata Suwarsono kepada wartawan BRP, Jumat (26/4/2019).
Suwarsono menyatakan, apabila PSU ini tak dilaksanakan, anggota KPU Kabupaten bisa dikenakan pidana dengan ancaman penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta.

Hal tersebut, terangnya, seperti ketentuan diatur dalam pasal 549 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

PSU akhirnya pun digelar pada Sabtu (27/4/2019) di TPS 06 Kelurahan Pendang, setelah pendistribusian semua logistik dari KPU tersedia memadai.

Pemungutan suara ulang di TPS 06 Kelurahan Pendang, dikabarkan melibatkan 241 Pemilih, yang terdiri dari 236 pemilih berdasarkan DPT, 2 DPTb dan 3 DPK. (BRP/GS).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top