Banner

Monday, April 29, 2019

Tingkatkan PAD Diskominfo Pulpis Kaji Banding Ke Barut

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang redistribusi menara telekomunikasi, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau melakukan Kaji Banding  ke Dinas Kominfosandi Kabupaten Barito Utara, Senin (29/4/2019).

Kadiskominfostandi Kabupaten Pulang Pisau, Moh Insyafi didampingi Kabid Layanan Informasi dan Komunikasi, Ktut Nitra mengatakan, Kaji Banding ke Diskominfosandi Kabupaten Barito Utara ini dalam rangka melihat pelaksanaan restribusi menara telekomunikasi yang sudah dijalankan oleh pemerintah daerah setempat. Seperti kita ketahui, Diskominfosandi Kabupaten Barito Utara sudah menjalankan Perda Retribusi Menara Telekomunikasi dan berhasil memungut PAD hinga mencapai Rp. 180 juta, dengan jumlah sekitar 35 menara BTS. Sementara di Kabupaten Pulang Pisau sendiri, Insyafi menjelaskan terdapat sedikitnya 90 menara BTS yang tersebar diseluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

"Kalau Barut saja dengan jumlah 35 menara BTS  berhasil meraup PAD hingga Rp 180 juta, maka di Pulang Pisau dengan 90 BTS kita bisa targetkan PAD sekitar Rp. 300 juta, " kata Insyafi, disela-sela Kaji Banding di Kantor Kominfosandi Barito Utara, Senin (29/4/2019).
Dia menjelaskan, dipilihnya Barito Utara sebagai kegiatan Kaji Banding kata Insyafi, karena pemerintah setempat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang berhasil menjalankan Perda Retribusi Menara Telekomunikasi.

"Kita akan mulai memungut retribusi menara telekomunikasi di Kabupaten Pulang Pisau sebagai upaya untuk mendongkrak PAD, " ujarnya

Insyafi juga mengaku, jika saat ini pihaknya masih menunggu Perda yang masih di ajukan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yang selanjutnya akan menjadi acuan untuk diterbitkan Perbup.

"Proses ini masih panjang. Setelah terbit Perda, maka selanjutnya diterbitkan Perbup dan ekspos di Kementrian Telekomunikasi pusat. Harapan kita, semua tahapan akan berjalan lancar, sehingga retribusi menara BTS di Kabupaten Palang Pisau segera bisa ditarik, " pungkasnya (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top