Banner

Tuesday, June 18, 2019

Kasat Binmas Gelar Silaturahmi Kamtibmas

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kepolisan Resort Barito Selatan (Barsel) melalui Kasat Binmas Polres Barsel, mengadakan kegiatan Salaturahmi ke Damang dan Mantir adat se kecamatan Dusun Selatan.

Bertempat di GOR Bulu Tangkis, Desa Kalahien, pada Senin (17/6/2019) sekitar pukul 10.30 WIB, Kasat Binmas, Iptu Hardi Sugito, bersama 7 anggota Sat Binmas dan sejumlah anggota Polsek Dusun Selatan melaksanakan Silaturahmi Kamtibmas

Selain Damang dan mantir adat, turut hadir personil Koramil juga para pemangku kepentingan. Setidaknya, tercatat hadir sekitar 60 orang peserta kegiatan dari perwakilan 27 Desa yang ada di kecamatan tersebut.

Mewakili Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan, S.I.K, dalam kesempatan itu, Kasat Binmas menyampaikan tentang situasi Kamtibmas secara umum di Negara RI dan secara khusus di wilayah Kabupaten Barsel, sehubungan dengan pelaksanaan sidang Gugatan Hasil Pemilu oleh Kubu 02 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Secara umum Kondisi Keamanan Nasional berlangsung kondusif, sejak dimulainya sidang PHPU di MK, pada 14 Juni 2019, demikian pula di wilayah Barito Selatan," sebut Hadi Sugito.


Memasuki sidang ke dua, lanjut dia, diharapkan para tokoh Adat yang hadir pada Silaturahmi Binmas itu, bisa  mendinginkan suasana dengan menghimbau kepada warganya agar tetap tenang dan tidak melakukan hal hal yang dapat menimbulkan gejolak ataupun perpecahan di tengah masyarakat.

"Waspadai oknum yang memprovokasi masyarakat, mengajak beramai-ramai berangkat ke Jakarta dan membuat kerusuhan. Tentunya ini akan merugikan umat dan memecah belah bangsa dan negara," sambung dia.

Terkait sengketa Pemilu ini, dihimbau olehnya, agar semua pihak bersabar dan menyerahkan kepada lembaga negara yang berwenang untuk menyelasaikan permasa─║ahan sengketa pemilu.

Dibagian lain, Kasat mengharapkan Demang dan para Mantir adat yang ada di setiap desa, bisa berperan sebagai garda terdepan dan sebagai ujung tombak menciptakan Kamtibmas, secara sinergis dengan perangkat desa, koramil dan pihak kepolisian.


"Damang dan para Mantir adat, agar selalu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa serta perangkat desa, guna menciptakan Sitkamtibmas, serta mampu mengantisipasi segala potensi gangguan Kamtibmas sehingga konflik besar tidak akan terjadi,"  harapnya.

Selain itu, Damang dan para Mantir diminta membantu memberi informasi kepada kepolisian sekecil apapun, guna mengungkap suatu tindak kejahatan. Kemudian, mereka diharapkan bisa bertugas dengan baik, melestarikan Adat Budaya dengan tidak menyalahi aturan.

Dalam kegiatan Silaturahmi Kamtibmas se Kecamatan Dusun Selatan itu, nampak diadakan diskusi dan sesi tanya jawab, hingga berakhirnya acara pada pukul 12.30 WIB. (BRP/GS).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top