Banner

Wednesday, June 12, 2019

Klinik Pratama PPK I Yonarhanud 15 Gelar Pemeriksaan Geratis Prolanis BPJS

BARITORAYAPOST.COM (Semarang) - Kegiatan baksos yang digelar oleh Klinik Pratama PPK I Yonarhanud 15 dikemas dalam bentuk pemeriksaan geratis Prolanis BPJS. Kegiatan yang digelar sejak Rabu pagi ini diikuti oleh puluhan peserta orang tua dan lansia yang memeriksakan kesehatannya, Rabu, 12/6/2019.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

Kegiatan yang rutin diadakan tiap bulan minggu ke II (hari Rabu) TANPA BIYAYA pengecekan darah rutin bekerja sama dengan Pihak Laborat Sarana Medica Semarang. Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi.

Prolanis ini merupakan kelanjutan dari skrining kesehatan. Jika hasil skrining riwayat kesehatan mengindikasikan peserta memiliki faktor resiko diabetes melitus tipe 2 atau hipertensi, peserta dapat turut serta dalam Prolanis.


Bagi siapa saja yang sudah menyandang penyakit kronis diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi, juga dipersilakan bergabung dalam Prolanis. Aktifitas Prolanis ini meliputi berbagai hal, antara lain konsultasi medis, edukasi, reminder melalui Sms Gateway, serta home visit.

Konsultasi Medis, lewat kegiatan ini, peserta Prolanis dapat membuat jadwal konsultasi yang disepakati bersama dengan fasilitas kesehatan pengelola.

Masalah yang sering dihadapi warga lansia adalah masalah kesehatan. Rumah sakit, Puskesmas dan Klinik Kesehatan, biasanya belum sepenuhnya menyediakan pelayanan khusus bagi lanjut usia, sehingga seringkali lanjut usia harus bersaing untuk pelayanan tersebut bersama dengan pasien umum lainnya. Namun sekarang situasinya telah berbeda jauh. Suasananya sudah berubah signifikan.

Dengan keluarnya UU tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Setiap Puskesmas/Klinik melayani warga lansia dengan sepenuh hati. Klinik Pratama PPK I Yonarhanud 15 sebagai contoh. Sesuai visi misinya sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat, maka semboyan dan sekaligus sebagai moto layanannya adalah 'TEPAT' yakni, tanggap, empati, profesional, adil, dan terjangkau. Pelayanan yang ditampilkan bermuara pada tata nilai satuan dari beberapa sikap yang tertuang dalam 'SKSD' yakni bersikap tulus melayani dengan 'senyuman,' 'komunikatif,' 'santun,' dan 'disiplin.' (Red).

Pen Yonarhanud 15 (12/6/2019).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top