Banner

Thursday, June 13, 2019

Lakukan Percepatan Tanam, Babinsa Aktif Dampingi Tanam

BARITORAYAPOST.COM (Kutai Barat) - Guna percepatan masa tanam, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0912 – 13 Barong Tongko Sersan Dua Muryanto selalu aktif melakukan pendampingan proses tanam padi bersama para petani. Pendampingan dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu pemerintah daerah mensukseskan program ketahanan pangan maupun keswasembadaan pangan di Desa Rapak Oros Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur, Rabu (12/6/2019).

Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Inf Anang Sofyan Effendi mengungkapkan, penanaman padi harus disesuaikan dengan penyuluhan dan arahan dari Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Kabupaten Kutai Barat. "Selain menanam padi, para Babinsa juga harus membantu para petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan, sampai masa panen padi," pintanya.

Pihaknya berharap para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional, sekaligus warga tidak sampai kekurangan pangan. Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. "Keberadaan Babinsa adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masayarakat," harapnya.

Menurut Dandim, tujuan pendampingan memang menjadi upaya mempercepat masa tanam. Kehadiran para Babinsa selama ini juga disambut baik para petani. Mereka menjadi sangat bersemangat sekali dalam menanam padi. Panas dan teriknya matahari tak dihiraukannya.

Lahan yang ditanam tersebut memiliki luas satu hektar milik Nikol umur 45 tahun dari Kelompok ketua Rapak Oros Linggang Amer Desa Rapak Oros Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat.Pengolahan sawah ditanami padi kembali pasca panen bulan ini, dengan menggunakan satu unit traktor tangan TR2.

Dengan segala pengalaman semenjak dari kampung halaman, Sersan Dua Muryanto mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Dimana Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa ” tutur Babinsa”

Baca juga: Para Peserta Gowes Korem 091/ASN Halal Bihalal Dengan Bersepeda

Babinsa Selalu aktif dalam pendampingan langsung ke sawah, Babinsa juga sering menghimbau para petani di desanya untuk mempercepat tanam seusai panen, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat sesuai petunjuk PPL yang ada di kecamatan Linggang Bigung, guna mendukung program ketahanan pangan di wilayah kutai barat.

Kelopok tani Nikol sangat berterima kasih atas kehadiran dan motifasi yang telah di berikan oleh Babinsa terhadap kami, semoga apa yang telah kami dapat ini selalu bermanfaat dan menyemangati kami semua. (Mur/Red).

Sumber Penrem 091/ASN.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top