Banner

Wednesday, June 12, 2019

Pemkab Gumas Gelar Rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran SOPD

BARITORAYAPOST.COM (Gunung Mas) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) SOPD,  di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Gunung Mas Selasa,  (11/6/2019) pagi.

Rapat tersebut dipimpin langsung Asisten Perekonomian Setda Gumas Ir Yohanes Tuah, M.Si yang mewakili Bupati Gumas,  didampingi Kepala BPPRD Drs. Hansli Gonak, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Ir. Rawei, MT, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Gunung Mas serta peserta rapat.

Rapat TEPRA APBD 2019 membahas tentang laporan realisasi belanja keuangan dan fisik Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019 posisi 31 Mei 2019.

Dalam kesempatan itu, Asisten Perekonomian Ir. Yohanes Tuah, M.Si mengatakan, untuk per 31 Mei 2019 kita sudah berada di urutan kedua. Realisasi yang telah dicapai 17,80 persen berada dibawah Kota Waringin Timur (Kotim). Tentu saja kita tidak lagi di urutan pertama seperti bulan sebelumnya per 31 April 2019.


”Kita juga tidak ingin terpandang sebagai Kabupaten yang selalu memacu anggaran. Kalau saya melihat dari tupoksi saya, untuk menjaga kita agar realisasi keuangan kita itu menyebar merata sepanjang tahun, itu yang menjadi pokok utama kita,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, Mengapresiasi Kehadiran Seluruh ASN Pasca Cuti Hari Raya Idul Fitri

Baca juga: Hari Pertama Turun Kerja, Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing Sidak Ke Sejumlah SOPD

Sudah ada kajian akademis yang menyatakan bahwa, PDRB kita adalah akumulatif tahunan dampak dari pada suntikan belanja Pemerintah, akan lebih besar dampaknya bagi PDRB kalau anggaran itu menyebar masuk ke dalam sistem perekonomian kita sepanjang tahun.

Kalau suntikan belanja pemerintah tiba-tiba melonjak naik pada akhir tahun, seluruh OPD harus berkomitmen untuk merealisasi program kegiatan sesuai jadwal yang telah di rencanakan, anggaran-anggaran yang digunakan lebih cepat.

Baca juga: Masalah Banjir di Gumas Menjadi Perhatian Pemkab Gumas di Tahun 2020

”Saya berharap ke depan realisasi anggaran kita semakin lancar sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas bisa terwujud,” tandas Ir. Yohanes Tuah, M.Si. (Edy.S/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top