Banner

Wednesday, June 12, 2019

Polres Bartim Sikapi Adanya Indikasi Jaringan Teroris Yang Sudah Masuk Wilayah Kalteng

Add caption Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy.SIK.,MH.
BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Kapolres Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) AKBP Zulham Effendy.SIK.,MH menyikapi serius terkait penangkapan terduga teroris Kelompok Uzla pimpinan Abu Hamzah yang merupakan perakit bom di Gunung Salak Aceh beberapa waktu lalu.

Hal tersebut di tanggapi oleh polres Bartim untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di wilayah tugasnya, dan memastikan keamanan yang kondusif bagi masyarakat Bartim khususnya.

Zulham mengatakan bahwa kemarin pihaknya memenuhi panggilan Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Anang Revandoko terkait kejadian di Palangkaraya, adanya kelompok atau jaringan diduga teroris baru-baru ini.


"Ada beberapa wilayah kita yang dijadikan basis kelompok teroris di Palangkaraya dan di Gunung Mas dan mereka kini sudah ditangkap, dan jaringannya sudah dilumpuhkan agar tidak bisa berkembang", ucap Zulham kepada Barito Raya Post di kantornya Rabu (12/06/2019)

Menurut pria yang tegas dan berwibawa tersebut untuk wilayah Bartim sendiri dalam pemantauan aparat kepolisian, tidak ada jaringan-jaringan yang terkait dengan teroris, pihaknya juga sudah melakukan pendataan ke berbagai penjuru.


"Kita tidak menemukan jaringan seperti kelompok teroris, dari hasil pantauan inteljen dan bhabinkamtibmas untuk mendeteksi dini aksi-aksi dari dugaan jaringan teroris dari awal, karena jika ada indikasi itu secara berjenjang mungkin masyarakat sudah melaporkan kepada kita", jelas Zulham.


Di teruskan Zulham, bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pemantauan secara berjenjang mulai dari masyarakat sampai dengan ke atas dan melakukan tindakan apa bila terjadi sesuatu yang mencurigakan.


"Kita selalu memantau dan berkoordinasi dengan Densus jika ada indikasi di wilayah kita, jika ada yang di curigai langsung dapat disampaikan dari pergerakan jaringan tersebut. Bila ada jaringan diduga teroris dapat terlacak dan untuk wilayah kabupaten Bartim sejauh ini aman dan kondusif", ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran kepolisian Bartim tersebut berharap kepada masyarakat pada umumnya pemilik rumah sewa, agar dapat mengontrol keberadaan serta identitas penyewa dan dapat dilaporkan ke RT setempat, apabila terjadi atau ada indikasi yang mencurigakan terhadap penyewa tersebut agar segera dilaporkan kepada pihak kepolisian, pungkasnya. (Ycp/Adi/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top