Banner

Wednesday, June 12, 2019

Unpar Tempatkan 792 Mahasiswa KKN di Pulang Pisau

Add caption.
BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Universitas Palangka Raya (Unpar) pada periode 1 tahun 2019 menempatkan 792 Mahasiswa pada periode I tahun 2019 akan menempatkan sebanyak 792 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di enam Kecamatan, yakni Banama Tingang, Kahayan Tengah, Jabiren Raya, Kahayan Hilir, Maliku dan Pandih Batu mulai tanggal 12 juni hingga 6 juli 2019 mendatang.

Rombongan Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya dipimpin oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr. Ir. Aswin Usup dengan didampingi Dosen Pembimbing Kehadiran di sambut Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Ir. Saripudin di Halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Rabu (12/6/2019).

Ketua LPPM Dr. Ir. Aswin Usup mengatakan, untuk pendidikan anak isia dini (PAUD) akan dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP nantinya mereka akan melihat perkembangan PAUD yang ada di desa, sehingga diharapkan dapat membentuk PAUD di desa-desa yang belum memiliki PAUD.

Sementara untuk desa berbasis Wisata kata Aswin, mahasiswa yang ditempatkan nantinya akan mengajarkan masyarakat desa dalam mengenal kebudayaan tarian, nyanyian dan mencari lokasi-lokasi potensial  didesa yang dapat dipromosikan serta membuat website desa dengan harapan potensi desa dapat dipromosikan melalui kanal internet.


"Revolusi Mental berbasis Handep Hapakat Slogan khas Kabupaten Pulang Pisau yang bermakna Gotong royong tersebut dapat menjadi pemacu Mahasiswa KKN dalam mengimplementasikan Revolusi mental di desa sehingga masyarakat terbantu dalam membentuk mental menjadi lebih baik, " ucapnya.

Dalam KKN ini juga akan memberikan sosialisasi dan pendidikan terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat. Karena lanjutnya, sudah sejak lama Universitas Palangka Raya bekerja sama dengan Pihak Restorasi Lahan Gambut membentuk kurang lebih 1.600 orang masyarakat peduli api di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga dapat mengoptimalkan pencegahan Karhutla, kehadiran Mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menyusun program pencegahan karhutla, pembuatan proposal dan lainnya.

Selain itu, Pembukaan Lahan Tanpa Bakar PLTB) juga akan dikenalkan kepada masyarakat. Kgiatan ini akan dimulai dari pekarangan-pekarangan rumah masyarakat desa, dengan menyediakan bibit-bibit untuk bercocok tanam namun membuka lahannya tidak dengan membakar lahan.

"Harapan kita, Bupati Pulang Pisau dan Rektor  Universitas Palangka Raya dapat melakukan Safari untuk memantau kegiatan Mahasiswa KKN, sehingga apabila  ada pembangunan PAUD didesa yang belum memilikinya dapat ditemukannya, " ungkapnya. (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top