Banner

Tuesday, June 11, 2019

Waduh...Tugboat Penabrak Fender Jembatan Kalahien Kabur?

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Tugboat dan tongkang bermuatan batubara milik PT. Indo Jaya Trans Samudra (IJTS), yang menabrak fender Jembatan Kalahien, Selasa (30/4/2019) lalu, diduga kabur, Senin (10/5/2019).

Lebih satu bulan berjalan setelah kejadian miringnya fender Jembatan Kalahien, di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, akibat ditabrak oleh tongkang bermuatan 7.100 metrik ton batubara yang ditarik oleh kapal Tugboat Diamond milik PT.IJTS, hingga kini belum juga ada kejelasan mengenai pertanggung jawabannya memperbaiki fender jembatan tersebut.

Yang lebih aneh lagi, kapal beserta tongkang tersebut, menghilang dari perairan Sungai Barito, Kabupaten Barsel pada Senin (10/5/2019), diduga kabur.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan SIK, melalui Kapolsek Dusun Selatan, Iptu Abi Karsa, Selasa (11/5/2019).

Kepada awak media, Abi menjelaskan bahwa kapal tersebut berlayar sudah cukup jauh dari peairan Barsel.

"Benar sekali mas, sudah jauh," tulis Abi via pesan aplikasi whatsapp.

Dijelaskan Abi lagi, pihaknya tidak tahu pasti perihal menghilangnya Tugboat penabrak fender jembatan Kalahien tersebut dari perairan Barsel, sebab itu merupakan otoritas Pihak Polairut.

Untuk itu, Abi kemudian menyarankan agar awak media menghubungi pihak Polairut guna mengkonfirmasi kasus tersebut.

Baca juga: Tongkang Bermuatan Batubara Tabrak Pender Jembatan Kalahien Hingga Miring

"Silahkan konfirmasi langsung sama Polairut saja mas, karena yang menanganinya Ditpolair Polda Kalteng, jadi tanya saja langsung," sarankannya.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Ditpolair Polda Kalimantan Tengah, belum memberikan tanggapan apapun perihal menghilangnya kapal dan tongkang tersebut, bahkan pesan yang dikirimkan oleh awak media kepada salah satu perwira Ditpolair Polda pun hingga kini belum mendapatkan jawaban.

Tongkang bermuatan Batu Bara sebanyak 7.100 Ton, milik PT.Indo Jaya Trans Samudera (IJTS), menabrak pender jembatan Kalahien, hingga tumbang, Selasa (30/4/2019).

Baca juga: Waduh.. Tongkang TB ITS Diamond Tabrak Pender Jembatan Kalahien

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media ini, Kapal Tug Boat dengan nama ITS Diamond tersebut, bermuatan Batu Bara dari arah Paring Lahung menuju Banjarmasin tersebut, menabrak pender jembatan Kalahien diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.10 WIB.

Diterangkan oleh Kapten Kapal ITS Diamond, Edi Susanto, kejadian tabrakan kapal yang dinahkodai olehnya tersebut, dikarenakan kecangnya arus sungai Barito di sekitar Jembatan Kalahien, sehingga tongkang yang ditarik oleh kapalnya tidak bisa dikendalikan dan terpeper kekiri dan kemudian menabrak pender jembatan.

"Kejadiannya sekitar pukul 05.10 WIB, karena arus, jadi kapal tidak bisa dikendalikan, akhirnya sebelah bagian kiri lambung tongkang yang ditarik menghantam pender jembatan," bebernya.

Baca juga: Pertambangan

Kejadian ini dibenarkan oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Dusun Selatan, berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kapolsek, Iptu Abdi Karsa, sementara ini kapal beserta tongkang tersebut masih di tahan di perairan Barsel dan masih dalam proses penyelidikan.

"Benar mas, kita masih menyelediki terkait kejadian ini, mungkin nanti pihak perusahaan (PT.IJTS) dari Jakarta akan datang juga kesini (Buntok)," terang Kapolsek saat ditemui awak media di sela kegiatan Pleno hasil Pemilu di Kantor Kecamatan Dusun Selatan, Selasa (30/4/2019). (Tmt/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top