Banner

Sunday, July 14, 2019

1,4 Miliar Anggaran Untuk Membangun Desa Jatimulya Lewat TMMD Reguler Tegal

Tegal – Inilah yang dipaparkan Dansatgas Ops TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, Kapten Infanteri Zaenal, kepada Inspektur Upacara, Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie, Bsc di hadapan ribuan masyarakat yang memadati Lapangan Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sebelum TMMD diresmikan. Kamis (11/7/2019).

Zaenal yang juga menjabat sebagai Danramil setempat, juga melaporkan progres pembangunan fisik yang telah tercapai sejak dari tahap Pra TMMD (26/6) lalu, termasuk sasaran pokok serta sasaran tambahan TMMD berupa rehab 16 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Total angka tersebut, bersumber dari Alokasi Mabes TNI sebesar 337,9 juta untuk operasional Satgas TMMD, APBD Provinsi Jateng fisik 154 juta, APBD Kabupaten fisik 671,5 juta, BUMN BNI untuk rehab 5 unit rumah senilai 80 juta, BUMN BRI untuk rehab 10 unit rumah sebesar 150 juta, hibah 1 unit rumah 23 juta serta dari swadaya masyarakat sejumlah 20 juta.

Selain anggaran dari TNI, semuanya akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur Jatimulya termasuk non fisiknya yaitu pendanaan penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi serta berbagai macam kegiatan sosial.

Untuk sasaran fisik yaitu pembangunan makadam 1.668 meter dengan lebar 3 meter serta pengaspalan jalan Lapen (Lapisan Penetrasi Makadam) di 3 titik yang berbeda dengan total panjang 1.802 meter dengan lebar 2,5-3 meter.

Ditambahkannya juga, TMMD merupakan program rutinitas TNI yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi maupun daerah serta seluruh komponen masyarakat di daerah guna mengakselerasi pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sasaran khususnya, di samping kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam TMMD Reguler Kodim Tegak ini, diterjunkan 150 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi pemerintahan dengan memaksimalkan peran serta warga setempat yang kesehariannya minimal mencakup 50 orang masyarakat, 10 orang Linmas serta 10 orang Mahasiswa, untuk membantu TNI. (Aan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top