Banner
Selamat & Sukses Atas Pelantikan Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin 2019 - 2024

Thursday, July 11, 2019

Bupati Gumas Jaya S.Monong Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa BID) Cluster I

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong memukul Gong telah dibuka kegiatan Bursa Inovasi Desa di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, (11/7/2019) pagi.

BARITORAYAPOST.COM (Gunung Mas) - Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, SE., M.Si membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster I Kabupaten Gunung Mas (Kurun, Mihing Raya dan Sepang) tahun 2019 di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, (11/7/2019).

Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. Kegiatan BID dapat diselenggarakan di tingkat Kecamatan sebagai kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

Maksud diselenggarakannya BID guna untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembagunan desa dalam rangka pembangunan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Kegiatan semacam ini tidak hanya bersifat seremonial saja tetapi mempunyai target yang harus dicapai, bapak, ibu yang hadir dalam kesempatan ini agar betul-betul dan dipraktekan di desanya masing-masing memberikan keuntungan bagi warganya,” tutur Bupati Gumas Jaya S. Momong.

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong saat menyampaikan arahan pada kegiatan Bursa Inovasi Desa.

Apa yang dibicarakan kita pada hari ini suatu saat pasti akan saya cek langsung kelapangan bagaimana sejauh mana capaiannya target tercapai atau tidak.

“Saya berharap kegiatan bursa inovasi desa ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan di desa. Dengan demikian diharapkan Kepala Desa dan perengkat desa dapat menggunakan dana desa untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta pembangunan kapasitas desa,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam setiap penggunaan dana desa, Kades dan perangkatnya jangan terfokus kepada infrastruktur saja, pilih salah satu sesuai dengan daerah itu, potensi yang ada tentunya menyesuaikan anggaran dan itu betul-betul ditekuni sampai berhasil.

Tujuan adanya kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) untuk memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, meningkatkan kualitas penggunaan dana desa, dan menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaiaan masalah, serta menjadi inisiatif  dan alternatif  kegiatan pembangunan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.(Edy.S/Kominfo Gumas).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top