debuyandi
DIRGAHAYU 74 TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA | 17 AGUSTUS 1945 - 17 AGUSTUS 2019 | SDM UNGGUL INDONESIA MAJU

Sunday, July 14, 2019

Lestarikan Kebudayaan Betawi, Barito Raya Post Jadi Media Patner Lebaran Tanah Abang


BARITORAYAPOST.COM (Jakarta) - Suasana di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lokasi penyelenggaraan Lebaran Tenabang 2019, Sabtu (13/7/19).

Laporan Wartawan BARITORAYAPOST.COM.Demi terus melestarikan kebudayaan Betawi, Pemkot Jakarta Pusat bekerja sama dengan Yayasan Said Naum menggelar pagelaran seni budaya bertajuk 'Lebaran Tenabang 2019'.

Turut Hadir, Camat Tanah Abang Yassin Kurniawan Pasaribu, Guru sanggar si pitung bang Haji Bachtiar dan tokoh-tokoh Betawi lainya juga turut meramaikan acara puncak tersebut.

Acara yang diselenggarakan di halaman parkir Yayasan Said Naum, Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakpus ini dibuka oleh Wali Kota Jakarta Pusat.

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi masyarakat Betawi Tanah Abang dengan pihak Pemkot Jakarta Pusat.

Sikumbang Tanah abang sebagai penyelenggara juga bekerjasama dengan beberapa media patrner antara lain, Baritorayapost.com, Laraspost, Swarakonsumenindonesi,Majalah Betawi, Sketsindo dan seluruh ormas di Tanah Abang.

Roni Adi menjelaskan, Mudah-mudahan kerja sama ini menjadi bagian tak terpisahkan untuk menguatkan budaya betawi di Tanah Abang.


Terlebih, dikatakan Roni Adi selaku Penanggung jawab acara, ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya lomba 'nyeset kambing' yang digelar antar organisasi massa (ormas) se-Tanah Abang.

"Ini yang ingin kami gali, potensi dan keunikan dari masyarakat. Ini yang mau kami coba," ujarnya.

"Terlebih sejak dulu Tanah Abang kan dikenal dengan kambingnya," tambahnya.

Ia pun berharap, acara seperti ini bisa rutin diadakan setiap tahunnya dan lomba 'nyeset' kambing bisa menjadi ikon baru untuk Jakarta Pusat.

"Ini lomba 'nyeset' kambing bisa jadi identitas baru Jakarta Pusat. Ciri khas baru," ucap Roni Adi.

Beragam kesenian khas betawi, seperti silat, lenong betawi, dan musik melayu pun turut ditampilkan guna menghibur masyarakat yang datang keacara dan bukan hanya dari daerah wilayah Tanah Abang.

Tak hanya itu, puluhan stand yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian hingga makanan pun turut hadir dalam acara 'Lebaran Tenabang 2019' ini.

Acara ini sendiri selesai hingga malam hari pukul 23:00 WIB. (Ria/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top