Banner

Tuesday, August 20, 2019

Kasus Keracunan Massal di Dadahup Masuk Tahap Penyelidikan Sampel Oleh Dinkes Kabupaten Kapuas

(Foto Andre F).
BARITORAYAPOST.COM (Kapuas) -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas meminta bantuan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Banjarbaru guna menyelidiki penyebab keracunan massal di Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Kapuas, dr Tri Setyautami saat dikonfirmasi awak media, Senin (19/8/2019).

"Sampel makanan yang diambil yakni yang disajikan di lokasi acara perkawinan yang dihadiri warga sebelum mengalami gejala keracunan pada hari Minggu kemarin, Seperti biasa untuk kasus-kasus KLB tentunya prioritas penanganan korban, surveilans penyelidikan epidemiologi dan meningkatkan pencegahan," ungkapnya.

dr Tri Setyautami juga menyampaikan data terakhir dari Surveilans Puskesmas Dadahup dan PSC jumlah pasien yang dirawat baik itu di Puskesmas dan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Pertanggal 19 Agustus 2019 pukul 05.20 WIB, total pasien KLB keracunan pangan Dadahup yang rawat jalan dan inap berjumlah 94 orang. Rinciannya Pasien yang sempat dirawat di Puskesmas Dadahup seban 72 orang, lalu yang sudah bisa pulang semua 50 orang dan 22 orang dirujuk ke RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.


"Dugaan sementara, keracunan itu dari makanan yang disajikan di acara perkawinan, dimana pihak yang mengadakan acara mesan dari catering, jadi bukan dari tempat acara yang membuatnya. Namun untuk jenis penyebab nya masih menunggu dan sampel telah dibawa ke laboratorium di Banjarbaru pukul 16.00 WIB kemarin," tambah dr Tri Setyautami.

Baca Juga: 

Musibah Keracunan Massal Terjadi Di Dadahup

Info terkini yang didapat Baritorayapost.com, para pasien keracunan massal berangsur-angsur sudah bisa pulang dan rawat jalan, baik di Puskesmas Dadahup maupun di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. (Andre)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top