Banner

Friday, August 16, 2019

KMP Drajat Paciran Terdampar Di Muara Lepas Laut Bahaur

Evakuasi penumpang Kapal Drajat Panciran yang mengalami kerusakan mesin di Muara Laut Desa Kiapak Kecamatan Kahayan Kuala. 

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Kapal Motor Penumpang (KMP) Drajat Paciran dikabarkan mengalami kerusakan mesin dan terdampar di muara lepas laut Bahaur dekat Desa Kiapak Kecamatan Bahaur Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (15/8/2019).

Kapolres Pulpis AKBP Siswo Yuwono, BPM, SH,SIK melalui Kapolsek Kahayan Kuala Ipda Memet, SH mengatakan, kapal yang berangkat dari Pelabuhan Bahaur pada tanggal 14 Agustus 2019 sekitar pukul 05.30 wib, kemudian setelah sampai di muara lepas laut Bahaur Desa Kiapak kapal mengalami kerusakan mesin, sehingga kapal tidak bisa dikendalikan dengan stabil akibat besarnya ombak yang menghantam kapal, membuat kapal terbawa arus ke perairan yang dangkal.

"KMP Drajat Panciran yang berangkat pada tanggal 14 Agustus 2019 membawa penumpang sebanyak 163 orang, motor 5 unit, mobil 5 unit, truck 2 unit, truck Fuso 14 unit dan truk long fuso 3 unit, " ujarnya

Ia menambahkan, mendapatkan informasi tersebut pada hari kamis tanggal 15 Agustus sekitar pukul 14.30 wib, Personil Polsek Kahayan Kuala dan pihak kecamatan setempat langsung menuju lokasi guna membantu evakuasi Penumpang KMP Drajat di Pelabuhan Penyebrangan Bahaur yang telah di jemput dari Lokasi kapal yang terdampar.

"Sementara untuk jumlah penumpang yang sudah di evakuasi kurang lebih jumlahnya 101 Orang dan masih tersisa 62 orang lagi, " tutur Memet

Sementara Kapten KMP Drajat Paciran menerangkan bahwa, pihaknya masih menunggu Tag Boat yang akan menarik KMP Drajat Paciran untuk dibawa menuju Pelabuhan Bahaur untuk mendapatkan perbaikan mesin.


Dia juga menerangkan bahwa untuk posisi kapal aman dan tidak membahayakan penumpang serta untuk stok makanan selama evakuasi dan sisa penumpang masih cukup. Sementara untuk lanjutan evakuasi penumpang yang masih ada dalam KMP Drajat Paciran rencananya akan dilanjutkan pagi ini.

"Karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, helombang yang besar, pihak manajemen kapal bertanggung jawab atas terdamparnya KMP Drajat Paciran, dan akan memfasilitasi segala keperluan penumpang serta intuk penumpang yang sudah di evakuasi di pelabuhan Bahaur, sebagian sudah mengambil kembali biaya tiket dan sebagian sudah ada yang kembali, " tandasnya

Sebagai tindakan antisipasi adanya kekecewaan dari penumpang terutama dari sopir truck fuso dimana sebelum kapal berangkat, mereka sudah menunggu lama, di tambah lagi sekarang kapal mengalami masalah pada mesin, sehingga harus di tarik kembali ke Pelabuhan Bahaur, pihak Polsek Kahayan Kuala melakukan monitoring baik kepihak Kapal maupun masyarakat dan penumpang. (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top