debuyandi
DIRGAHAYU 74 TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA | 17 AGUSTUS 1945 - 17 AGUSTUS 2019 | SDM UNGGUL INDONESIA MAJU

Friday, August 16, 2019

Lomba Gepuk Bantal Peringati Hari Kemerdekaan, Dandim 0913/PPU Duel Dengan Wartawan

Penajam - Menyambut Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia, Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) menggelar lomba tradisional gepuk bantal.

Lomba yang berlangsung meriah mempertandingkan dua kategori peserta, yakni remaja dan dewasa.

Peserta remaja diikuti oleh siswa SMAN 8 PPU, sedangkan peserta dewasa diikuti oleh anggota Kodim 0913/PPU, Polres PPU, Satpol PP, BPBD PPU, perwakilan wartawan, serta masyarakat umum, Jumat (16/8/2019).

Pertarungan berlangsung sengit, meski diiringi dengan tawa dan seruan penuh semangat oleh masing-masing suporter.Tak hanya itu, masing-masing juara akan membawa pulang hadiah menarik. Untuk peserta remaja, juara 1 membawa pulang kipas angin, juara 2 dispenser, dan juara 3 dan harapan 1 masing-masing mendapat kompor gas.

Sedangkan peserta dewasa, untuk juara 1 mendapat kulkas satu pintu, juara 2 mendapat mesin cuci, dan juara 3 mendapat dispenser tinggi. Bahkan, di babak penyisihan penonton semakin bersemangat menyaksikan keseruan lomba gebuk bantal ketika Perwakilan Wartawan Samir Paturusi melawan Dandim O913/PPU Mahmud.

Pertarungan akhirnya di menangkan oleh Samir Paturusi dari Tribun Kaltim. Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud mengatakan, bahwa kegiatan yang unik dan menarik itu menjadi pilihan untuk memperingati hari kemerdekaan RI kali ini.

Kegiatan melibatkan seluruh unsur dan elemen masyarakat. "Dengan harapan kita menghilangkan sekat-sekat antar instansi, antar institusi bahwa dalam meraih kemerdekaan, kita harus bekerja sama," tuturnya.

Untuk menjadi pemenang dalam kegiatan itu harus mampu mengalahkan lawannya dengan memukulkan bantal ke musuh hingga jatuh ke kolam.

Lanjut dikatakan Dandim kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa sekaligus silaturahmi antara Keluarga Besar Kodim 0913/PPU dengan Instansi lainnya serta masyarakat sekitar.

"Ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini," tambahnya.

Dibeberkannya, selain perlombaan gepuk bantal, Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Cabang LXV Kodim 0913/PPU, dihari yang sama juga mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB), untuk bersilaturahmi dan membagikan bingkisan dan bendera merah putih.

"Bagaimanapun juga, mereka anak-anak kita yang harus kita tanamkan nilai-nilai perjuangan," imbuhnya.

Selain itu, kelurahan/desa di PPU yang mengikuti lomba dengan menghias wilayah mereka dengan pernak-pernik meriah khas Hari Kemerdekaan. Kelurahan/Desa yang ikut, akan dinilai dan diberikan apresiasi atas semangat menyambut 17 Agustus.

"Itulah beberapa kegiatan menyambut hari kemerdekaan yang ke 74 ini. Dengan tujuan untuk merefresh kembali nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita, pahlawan-pahlawan kita, bahwa kemerdekaan tidak diraih dengan mudah," tuturnya.

"Kita inilah generasi penerusnya, bagaimana pun caranya harus bisa menjaga keutuhan NKRI," tandasnya. (Mur/Red).

Sumber Penrem 091/ASN.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top