Banner

Thursday, September 12, 2019

Bersama BPN, Pemkab Pulpis Kerjasama Legalisasi Aset Tanah

Bupati Pulpis H Edy Pratowo (baju biru) saat menghadiri penandatanganan MoU dengan BPN terkait legitimasi aset tanah, di Palangka Raya, Kamis (12/9/2019). 

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo dengan  Badan Pertanahan Nasional melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dalam rangka kerjasama legalisasi aset tanah pemerintah di Kabupaten Pulang Pisau. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Kantor BPN Kalimantan Tengah, Kamis (12/9/2019).

"Ada empat poin dalam kerjasama antara BPN dengan Pemkab Pulang Pisau, " kata Kepala Kantor ATR - BPN Pulang Pisau, Iwan Susianto, Kamis (12/9/2019).

Dia menjelaskan empat poin itu adalah sertifikasi tanah pemerintah, koneksi host to host untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), penggunaan data bersama zonasi nilai tanah dan pendaftaran tanah sistemik lengkap.


Menurutnya, tujuan sertifikasi tanah ini dalam rangka mendorong penertiban aset Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau, khususnya tanah, dalam konteks pengamanan aset daerah di Kabupaten Pulang Pisau.

Sedangkan tujuan ketiga poin lainnya lanjut, Iwan merupakan langkah untuk mendorong optimalisasi pendapatan daerah, di wilayah Kabupaten Pulang Pisau

Sementara Bupat Pulang Pisau H Edy Pratowo berharap dengan dilaksanakan MoU antara BPN dan Pemkab Pulang Pisau ini dapat memperjelas kepemilikan aset Pemkab Pulang Pisau, khususnya terhadap aset-aset daerah yang belum jelas kepemilikannya, sehingga kedepan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita berharap dengan dilaksanakan MoU ini kepemilikan pemerintah daerah atas aset-asetnya menjadi jelas. Karena dengan jelasnya aset Pemkab, maka dapat digunakan untuk tujuan yang lebih produktif," ujarnya. (Bangun)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top