Banner

Sunday, September 8, 2019

Ini Akibat Membakar Hutan dan Lahan, Tiga Orang Diduga Pelaku Diamankan Aparat Polres Seruyan

(Foto: Humaspol) 
BARITORAYAPOST.COM (Seruyan) - Saat ini jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah sungguh sangat memperihatinkan, menurut data BMKG, Kalimantan Tengah berada di peringkat ke 2 nasional terbanyak jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Dalam hal ini menindak lanjuti maraknya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di wilayah Kabupaten Seruyan Tim Penanganan Karhutla dari Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir meningkatkan giat patroli disejumlah tempat yang sangat rawan akan kebakaran hutan dan lahan. Benar saja dari giat patroli tersebut tim berhasil menemukan pelaku yang diduga melakukan pembakan.

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting S.I.K., menyampaikan dalam keterangan persnya bahwa pihaknya berhasil mengamankan 3 orang Tersangka pelaku pembakaran di wilayah hukum Polres Seruyan masing-masing tempat yang berbeda pada hari Sabtu (7/9/2019).

"Ya, kami kami telah mengamankan 3 orang tersangka yang diduga melakukan pembakan di tiga tempat yang berbeda saat tim Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir melaksakan Giat Patroli Karhutla disejumlah tempat dan berhasil mengamankan Edi Saputra Alias EDI (34) warga Tanggul Harapan Jalur 5 No.19 Rt. 012/Rw. 004 Desa Pematang Limau Kec. Seruyan Hilir, Neni (46) warga UPT. Tanggul Harapan RT 012 RW 004 Desa Pematang Limau Kecamatan Seruyan Hilir , dan Nur Kholik Als. NUR (41) warga Tanggul Harapan Jalur 5 No. 5, Rt.012 Rw. 004, Desa. Pematang Limau Kec. Seruyan Hilir" ungkap Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting S.I.K.,


Selanjutnya Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting S.I.K., menyampaikan bahwa sebelumnya di Mapolres Seruyan telah dilaksanakan Apel Siaga dalam rangka Patroli dan Pencarian Tersangka Pembakaran Hutan dan Lahan. Apel tersebut dipimpin oleh Kabag Ops Polres Seruyan AKP Wahyu Edi Priyanto S.H. dan diikuti seluruh Personil Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir. Selanjutnya Dilakukan Pembagian Beberapa Regu untuk melakukan Patroli dan Pencarian Tersangka Karhutla.

Setelah Apel tersebut anggota melaksanakan patroli mengarah ke desa pematang limau setiba di desa pematang limau anggota melihat kepulan asap dan langsung mendatangi sumber asap tersebut. Di TKP anggota menemukan 1 (satu) orang laki-laki bernama EDI SAPUTRA Als EDI (34) sedang menebas rumput yang berada di dekat asap tersebut, selanjutnya anggota polres seruyan menanyakan kepada laki-laki tersebut dengan berkata ”siapa yang membakar ?” dan dijawab Laki-laki tersebut dengan berkata ”saya yang membakar rumput di lahan tersebut”, dengan luas yang terbakar sekitar 20m x 5m, selanjutnya pelaku dan barang bukti di amankan serta dibawa ke kantor Polres Seruyan Guna Proses lebih Lanjut. Adapun Barang bukti yang ditemukan 1 (satu ) buah Korek api gas merk TOKAI warna kuning; 1 (satu) bilah parang dengan panjang 21cm dengan gagang yang dililit potongan karet ban berwarna hitam dan merah; 1 (satu) lembar celana pendek warna coklat dengan list berwarna putih.


Selanjutnya anggota Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir sedang melakukan patroli Karhutla di daerah UPT. Tanggul Harapan Desa Pematang Limau Kec. Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan melihat kepulan asap di daerah persawahan selanjutnya anggota mendatangi kepulan asap tersebut dan ternyata benar telah terjadi kebakaran lahan persawahan terdapat 4 (empat) titik api berdekatan dengan api yang masih menyala antara lain 4m x 4m, 3m x 10m, 2m x 3m dan 3m x 3m, mengetahui hal tersebut anggota langsung mengintrogasi secara lisan menanyakan siapa yang membakar lahan tersebut kepada Sdri. NENI dan Sdri. NENI mengakui kalau dirinya yang membakar lahan tersebut, kemudian anggota mengamankan 1(satu) buah sabit/celurit dan 1 (satu) buah korek api jenis gas merk TOKAI warna biru transfaran dan palaku guna dijadikan barang bukti dalam perkara tersebut serta guna proses lebih lanjut. Barang bukti yang diamankan 1 (satu) buah sabit; 1 (satu) buah Korek api jenis gas merk TOKAI warna biru transfaran.


Kemudian Tim Polres Seruyan dan Polsek Seruan Hilir sedang melakukan Patroli Karhutla di daerah Transmigrasi Unit 05, UPT. Tanggul Harapan, Desa Pematang Limau, Kec. Seruyan Hilir, Kab. Seruyan, menemukan titik api yang masih menyala yang membakar lahan sekitar 2 meter X 8 Meter, mengetahui hal tersebut anggota Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir langsung memadamkan api yang masih menyala. Di TKP anggota menemui Sdr. NUR KHOLIK dan ia mengakui kalau dirinya yang telah membakar lahan tersebut, kemudian anggota Polres Seruyan dan Polsek Seruyan Hilir mengamankan 1 (satu) bilah parang, dan 1 (satu) buah korek api jenis gas merk G2000 warna merah, guna dijadikan barang buki.

Selanjutnya Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting S.I.K., menyampaikan bahwa semua pelaku saat ini sudah diamankan beserta barang buktinya di Polres Seruyan  dan sedang dalam penyelidikan lebih lanjut, pungkasnya. (Andre/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top