Banner

Friday, September 13, 2019

Waduh...!!! Karhutla Nyaris Hanguskan Bangunan Perkantoran

(Foto: Bangun S). 
Bupati Pulpis H Edy Pratowo turun langsung ke lokasi kebakaran memimpin pemadaman api Komplek Perkantoran Pulang Pisau.

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, nyaris menghanguskan beberapa kantor di Komplek Perkantoran Jalan WA Duha Pulang Pisau, Jumat (13/9/2019).

Karhutla yang diduga akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab membakar lahan sembarangan itu, nyaris menghanguskan beberapa kantor di Komplek Perkantoran Kabupaten Pulang Pisau, diantaranya Kantor Bappedalitbang, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Kantor Kejaksaan, Kantor Inspektorat, BPN, DPMPTSP, DPMD, Diperindagkop UKM dan kantor lainnya  yang berada di area Komplek Perkantoran Pulang Pisau.

Mendengarkan peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di area komplek Perkantoran, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo pun langsung turun ke lokasi untuk mempimpin pemadaman api.

Karhutla memasuki area komplek Perkantoran Pulang Pisau, tampak kobaran api di depan Kantor Distan Pulpis.

" Ia, setelah melaksanakan sholat jumat, mendengar Karhutla memasuki area komplek Perkantoran, saya langsung ke sini, " kata Edy Pratowo

Dia mengatakan Kabupaten Pulang Pisau merupakan daerah rawan rawan kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla). Oleh karenanya lanjut Edy, pihaknya mengintruksikam kepada seluruh masyarakat dan Dinas/Badan untuk stand bay dan bersiap siaga menghadapi bencana Karhutla ini.

" Jika kondisinya seperti ini, paling tidak di kantor, petugas jaga harus siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Begitu juga dengan masyarakat juga harus siap siaga dan tidak diperbolehkan membuka lahan dengan cara membakar, " ucapnya

Melihat titik api yang menjalan di beberapa wilayah, orang nomor satu di Bumi Handep Hapakat itu mengaku jika tim pemadam kebakaran dibagi dibeberapa wilayah. Seperti di Komplek Perkantoran, Tim Mandiri Perkantoran dinanti dengan MPA dan tim gabungan Posko Karhula Pulpis memadamkan api di area komplek Perkantoran. Sementara Tim BPBD memadamkan api di Desa Mantaren 1.


Edy Pratowo juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang melakukan aktifitas membuka lahan untuk pertanian, diminta jangan dengan cara membakar. Menurut Edy, saat ini merupakan puncak dari kemarau panjang.

" Jadi masyarakat harus menahan diri jangan sampai membakar lahan sembarangan. Termasuk di rumah, jika akan meninggalkan rumah, listrik dan kompor dipastikan semua dalam keadaan aman, dan tetap siap siaga dalam menghadapi bencana Karhutla, " tandasnya

Hingga berita ini diturunkan, api masih belum dapat dipadamkan. Petugas dari Posko Karhula Pulang Pisau dan beberapa MPA serta pemadam Mandiri OPD di lingkungan Pemkab Pulang Pisau masih berupaya maksimal memadamkan api. (Bangun).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top