Banner

Wednesday, October 16, 2019

Andari Bangun Gedung Walet dan Pohon Sengon di Tengah Jalan

BARITORAYAPOST.COM - (Kapuas) - Sebuah bangunan gedung sarang burung walet berdiri persis di tengah proyek badan jalan. Selain gedung walet, jalan tersebut juga ditanami pohon sengon dan kelapa.

Suasana ganjil ini terjadi di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas.

Proyek pembuatan badan jalan di akhir tahun 2018 yang lalu menjadi pertanyaan warga.

Pasalnya proyek ini sangat tidak jelas dan tidak ada tranparansi untuk publik. Karena tidak dipasang plang proyek yang menjelaskan berapa panjang proyek jalan ini,  nilai anggaran, asal anggaran, siapa pemborongnya, dan sebagainya.

Tetapi itu tidak jadi persoalan bagi warga. Yang sekarang menjadi pertanyaan masyarakat yaitu tiba-tiba di tengah-tengah poros badan jalan tersebut dibangun gedung sarang walet juga ditanami bibit kayu sengon juga pohon kelapa.

Proyek badan jalan ini setelah baritorayapost.com cek  ke lokasi,  ditemukan kenyataan, gedung  walet itu milik salah satu warga yang punya tanah, tepat di tengah proyek badan jalan tersebut.


"Saya berhak membangun gedung sarang burung walet di situ.  Karena itu tanah saya. Suratnya saya lengkap, saya tidak mau memberikan tanah saya kepada siapapun," tutur Andari (Dwi) kepada baritorayapost.com, Selasa (15/10/2019).

Nah, proyek jalan apakah itu? Menurut Kepala Desa Pujon, itu proyek jalan dari dana APBD Kapuas tahun 2018 dengan panjang 4.000 meter dan lebar 30 meter.

Dari seorang mantan anggota DPRD Kapuas yang tidak mau disebut namanya, jalan itu merupakan rintisan perluasan kota.

Pertanyaannya, mengapa memakan lahan milik Andari, dan ia tidak tahu-menahu soal proyek ini? (Rud/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top