Banner

Wednesday, October 16, 2019

Bupati Bartim Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK RI


BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Bupati Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Ampera A Y Mebas terima penghargan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang di serahkan secara langsung oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran di Aula Bappeda Kalteng Kota, Rabu (16/10/2019).

Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Triwulan III Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di pimpin langsung oleh Gubernur yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam penyerahan penghargaan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 dan peraih Opini WTP selama 5 tahun berturut-turut.

"Pada kesempatan ini, tadi saya sudah menerima sertifikat WTP dari kementerian keuangan untuk provinsi Kalimantan Tengah dan menyerahkan sertifikat WTP kepada 13 Kabupaten dan Kota. Sertifikat WTP ini adalah atas keberhasilan daerah mengelola APBD dengan baik dengan penilaian wajar," ucap orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut.

Sugianto memaparkan bahwa hampir seluruh Pemda lingkup Kalteng termasuk Pemprov Kalteng berhasil meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018, kecuali Pemda Kabupaten Seruyan, sedangkan, lanjutnya, Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP selama lima tahun berturut-turut diantaranya, Pemprov Kalteng, Pemda Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur dan  Kabupaten Sukamara, tutupnya.


Sementara, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Ratih Hapsari Kusumawardani selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan mengatakan, bahwa Opini WTP atas laporan keuangan Pemerintah Daerah adalah suatu wujud dari upaya maksimal.

"Seluruh pemangku kepentingan, di harapkan terus memperbaiki pengelolaan keuangan negara. Dengan selalu memperhatikan ketentuan perundangan dan di teliti untuk mewujudkan laporan pertanggungjawaban yang akuntabel kepada masyarakat, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap institusi publik secara luas dan transparan," pungkasnya.

Di sisi lain tampak terlihat Bupati Bartim yang sudah merasakan untuk kesekian kalinya, dengan upaya keras memegang pemerintahan di kabupaten Bartim dalam menyusun laporan keuangan, sehingga patut di berikan Opini WTP.

Pemda penerima penghargaan Pemerintah RI yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan Pemda TA 2018 (Dalam Bentuk Piagam), sedangkan Pemda penerima penghargaan Pemerintah RI yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan Pemda 5 tahun berturut-turut (Dalam Bentuk Plakat). (YCP/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top