Banner

Monday, October 28, 2019

Pemuda Sebagai Pelopor dan Garda Terdepan Bagi Kemajuan Bangsa

BARITORAYAPOST.COM (Kapuas) - Pemuda adalah calon pemimpin masa depan yang mana hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang dalam kesempatan tersebut menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019, Senin (28/10/19) Pagi di Stadion Pananjung Tarung Kuala Kapuas.

Upacara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor, Forkopimda serta para SOPD tersebut diisi dengan Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh para pemuda dengan menggunakan pakaian adat, atas hal tersebut Bupati Kapuas sangat mengapresiasi dan merasa bangga kepada para pemuda yang tampil dengan menggunakan pakaian adat yang ada di Indonesia sembari menerangkan kepada seluruh pemuda bahwa di pundak merekalah bangsa berharap. “Di pundak kalianlah bangsa ini berharap karena kalian adalah calon pemimpin dimasa depan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Kapuas dalam kesempatan itu juga secara langsung membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga pada acara peringatan hari sumpah pemuda ke 91 tahun 2019, yang menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.


Diterangkan pula bahwa hari sumpah pemuda ke 91 kali ini mengambil tema Bersatu Kita Maju, tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang di ikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Ia juga menjelaskan kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu juga secara langsung memberikan semangat kepada para pemuda dengan memberitahu bahwa dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kapuas juga menyerahkan piagam dan tropy pemuda pelopor keamanan lingkungan Kabupaten Kapuas yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas dengan katagori bidang seni budaya dan pariwisata serta bidang pembinaan pemuda. (Rud/Hms)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top