Banner

Saturday, October 12, 2019

Pompa Air Diesel Menjadi Solusi Petani Untuk mengatasi Kekeringan Akibat Kemarau Panjang

Madiun - Dalam beberapa bulan terakhir ini, kemarau panjang melanda berbagai daerah, termasuk di wilayah Kota/Kab Madiun, sehingga mengakibatkan kekeringan di area pertanian yang ditanami padi di Kel. Nambangan Kidul Kec. Manguharjo Kota Madiun kekurangan pasokan air.

Hal ini yang mendorong Babinsa Koramil Pos 0803/18 Manguharjo Sertu Syamsul Efendy membantu dan mendampingi petani memasang diesel pompa air untuk mengaliri sawah-sawah yang terancam kekeringan di Kel. Nambangan Kidul Kec. Manguharjo Kota Madiun, Sabtu (12/10/2019).

“para petani hanya mengandalkan droping air irigasi yang sudah dijadwalkan oleh UPT pengairan Kota Madiun.” jelas Sertu Syamsul Efendy.

“Tapi sayangnya banyak saluran irigasi yang masih belum maksimal airnya dikarenakan debit air menyusut drastis, sehingga tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya untuk mengalirkan air ke sawah-sawah para petani,” ungkapnya.

“Kemarau panjang yang terjadi sekarang, di saat memasuki masa tanam hingga saat ini menjadi kendala yang dihadapi para petani saat ini,” imbuh Babinsa.

“Ketika petani butuh air untuk mengolah lahan dan sebagian lain tanaman padi mulai tumbuh menghijau mulai kekurangan suplai air, tentunya akan sangat mempengaruhi proses olah lahan serta proses pertumbuhan hingga hasil panen nantinya, sehingga petani sangat memerlukan bantuan dengan pompa air mesin diesel guna mengairi sawahnya,” pungkas Sertu Syamsul Efendy.(mc0803)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top