Banner

Tuesday, November 5, 2019

Dinkes Gumas Tekan Kesadaran Upaya Hidup Sehat Bagi Masyarakat

EVALUASI: Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinkes Gumas Evelnie, bersama peserta rapat sedang melaksnakan rapat evaluasi di aula BP3D, Selasa (5/11/2019). 

BARITORAYAPOST.COM (Gunung Mas) - Pemerintah Daerah (Pemda) Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Gumas terus menekan kesadaran agar, terciptanya pemahaman masyarakat untuk melakukan upaya hidup sehat. Sehingga melaksanakan evaluasi Program Indonesia Sehat dan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Plt Sekretaris Dinkes Gumas Evelnie mengatakan, bahwa dalam program evaluasi tersebut dihadiri Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Puskesmas Se-Kabupaten. Sehingga dapat diterapkan di masyarakat kedepannya.

“Kita dalam hal ini sebagai agenda rutin dilakukan bersama 17 Puskesmas, yang ada di daerah kita. Hal ini tujuannya untuk menekan kesadaran masyarakat tentunya peduli akan kesehatan, maka sesuai dengan program PIS-PK yang diterapkan se-Indonesia,” kata Evelnie saat dikomfirmasi via seluler, Selasa (5/11/2019).


Lanjut Evelnie menyebut, program tersebut dilaksanakan untuk, meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Maka PIS harus dilakukan dengan secara pendekatan kepada keluarga. Sehingga terjalin komunikasi baik secara personal dan lainnya dapat tercipta.

“Ini juga merupakan salah satu cara oleh Puskesmas untuk meningkatkan, baik itu jangkauan sasaran, mendekatkan, dengan begitu dapat terciptanya akses pelayanan kesehatan dengan cara mendatangi atau jemput bola,” ujarnya.

Oleh karena itu, tambah dia, hal tersebut juga dalam rangka melaksanakan pembinaan wilayah dalam pelaksanaan PIS-PK, Dinkes Gumas. Terutama, yang dibahas terkait evaluasi, termasuk kendala dilapangan yang dihadapi agar diberikan solusi di kemudian hari. 

“Kegiatan kita dengan malaksanakan rapat monev yang dihadiri dari Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab PIS PK, juga kegiatan tersebut yang tujuannya untuk mengevaluasi, baik  kendala selama pelaksanaan PIS-PK dan solusi mengatasinya, dan untuk menyamakan persebsi dalam tatalaksana dari program ini, agar nantinya dalam pelaksanaan bisa lebih baik di kemudian hari,” pungkasnya. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top