Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Monday, November 4, 2019

Peluang Bisnis Menjanjikan, Warga Desa Sumur Beternak Ayam Petelur

(Foto: Lukman PPL Bartim). 
BARITORAYAPOST. COM (Tamiang Layang) - Warga Desa Sumur mengikuti pelatihan beternak ayam petelur, hari ini pada, Senin (4/11/2019).

Penyuluhan budidaya ayam petelur di wilayah binaan Desa Sumur Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalteng. Itulah kegiatan Balai Penyuluh Pertanian bersama pemerintah desa dan jajaran PPL Kecamatan Dusun Timur, Bartim.

Yang hadir dalam kegiatan penyuluhan peternakan hari ini yakni Kepala Desa Sumur Bastian, ketua BPD, jajaran pemerintah Desa Sumur, kelompok tani dan pendamping desa.

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. 

Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak.

Ayam yang pertama masuk dan mulai diternakkan pada periode ini adalah ayam ras petelur white leghorn yang kurus dan umumnya setelah habis masa produktifnya.

Antipati orang terhadap daging ayam ras cukup lama hingga menjelang akhir periode 1990-an. Ketika itu mulai merebak peternakan ayam broiler yang memang khusus untuk daging.



Sementara ayam petelur dwiguna/ayam petelur cokelat mulai menjamur pula. 

Di sinilah masyarakat mulai sadar bahwa ayam ras memiliki klasifikasi sebagai petelur handal dan pedaging yang enak. 

Mulai terjadi pula persaingan tajam antara telur dan daging ayam ras dengan telur dan daging ayam kampung. 

Sementara itu telur ayam ras cokelat mulai di atas angin. Sedangkan telur ayam kampung mulai terpuruk pada penggunaan resep makanan tradisional saja.

Persaingan inilah menandakan maraknya peternakan ayam petelur. 

Prospek usaha peternakan ayam ras petelur di kabupaten Barito Timur dinilai sangat baik dilihat dari pasar. 

Jika ditinjau dari sisi penawaran dan permintaan. Di sisi penawaran, kapasitas produksi peternakan ayam ras petelur di Barito Timur, masih belum mencapai kapasitas produksi yang sesungguhnya

Prospek pengembangannya masih terbuka. Di sisi permintaan, saat ini produksi telur ayam ras baru mencukupi kebutuhan pasar dalam negeri sebesar 65%.



Sisanya dipenuhi dari telur ayam kampung, itik, dan puyuh. Semoga dengan adanya kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini mampu meningkatkan perilaku sikap dan keterampilan masyarakat petani di Kabupaten Barito Timur.

Pelahan tapi pasti, kita menuju masyarakat yang sejahtera dan mampu meningkatkan perekonimiannya. Khususnya warga Desa Sumur Kecamatan Dusun Timur. (Yes/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 11 Juli 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top