Banner

Wednesday, November 6, 2019

Ritual Tiwah "Tabuh ke 3" di Marapit: Keluarga Masukkan Tulang Ke Sandung

BARITORAYAPOST.COM, (Kapuas) - Acara ritual Tiwah yang diadakan di Desa Merapit, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah adalah suatu kegiatan keagamaan yang merupakan salah satu kekayaan tradisi di Indonesia.

Tradisi yang unik ini sangat menghargai suatu proses dan hakiat manusia atas kelahiran dan juga kematian.

Suku Dayak di Kalimantan Tengah khususnya di Desa Merapit ini dalam menjalani ritual khusus yang dilakukan untuk mengantarkan roh orang suku Dayak menuju surga dengan cara menyucikan jiwa dan sisa jasadnya.


Dalam acara Ritual Tiwah tersebut terkandung filosofi yang tinggi nilainya. Seperti kerja sama yakni saling mengutamakan gontong royong dan rasa keluargaan. Namun dalam pelaksanaannya ada aturan yang ditaati bagi pelaksana Tiwah.

Dalam hal ini ada 9 Anggota keluarga yang berperan dan ikut serta mengangkat tulang belulang salah satu saudara. Diantaranya adik, ibu, bapak dan juga ipar dari almarhum.

Acara Tiwah ini dihadiri oleh tokoh adat, pemuka agama, tokoh masyarakat dari desa tetangga, serta unsur Tripika di Kecamatan Kapuas Tengah.


Dalam acara ritual Agama Hindu Kaharingan ini keluarga yang melaksanakan Tiwah tersebut tidak memandang agama apa pun untuk melaksanakan ritual tersebut. Tiwah dilaksanaman dengan saling kerja sama dan saling bergontong royong.

Pada acara "Tabuh" Tiwah ini pihak keluarga almarhum melaksanakan ritual korban hewan jenis kerbau.


Dalam pelaksanaannya, semua patuh pada aturan. Dari anggota tiwah dan seluruh warga masyarakat yang ikut meriahkan acara tiwah tersebut.

Sebelum menombak kerbau, ada acara yaitu nganjan dan karang duduy. Juga badeder sejenis nyanyian. Setelah itu maka dilaksanakan acara penyembelihan korban hewan. Ada macam-macam hewan. Mulai  jenis ayam, babi dan kerbau yang terakhir.

Acara Tabuh yang ke 3 ini terjadual tanggal 6 Nov 2019 yaitu salah satu anggota Tiwah Dari almarhum Meran/Bapak Tris. (Rud/TIM/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top