Banner

Sunday, November 10, 2019

Warga Desa Aruk Laksanakan Kegiatan "Mamapas Lewu" untuk Menolak Bala.

BARITORAYAPOST.COM, (Kapuas) - Salah satu kegiatan Adat suku dayak yang ada di Kalimantan Tengah yaitu untuk menolak bala di sebuah daerah, khususnya di Desa Aruk,  Kabupaten Kapuas, Warga laksanakan kegiatan Acara Mamapas Lewu (Membersihka Kampung).

Hal ini Kepala Desa Aruk, Edie N Sida menyampaikan kepada Baritorayapost.com bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Jumaat, 8 November dan  Sabtu, 9 November 2019.


"Ya, kita melaksanakan kegiatan Mamapas Lewu di Desa Aruk ini adalah sebuah kegiatan adat yang bertujuan untuk menolak bala agar  seluruh warga di desa Aruk ini terhindar dari segala marabahaya" ungkapnya.

Selanjutnya ia menambahkan kegiatan ini dikoordinir oleh Mantir Adat dan Pemerintah Desa Aruk dan dalam melaksanakan acara ini dipimpin oleh 5 orang Basir Agama Kaharingan diantaranya Mardianus, Sumbin Siram, Asikin Kenan, Gatak, dan Ruti.



"Untuk sumber dana Kegiatan Acara Mamalas Lewu ini kita  menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD)" kata Kases Aruk.

Sebagai Kepala Desa Aruk,  Edie N Sida mengharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini semua hal yang tidak baik di Desa Aruk tidak ada lagi, warga terhindar dari segala penyakit dan marabahaya, baik itu yang di Jalan Aruk-Timpah karena sering ada musibah terbih kita semua mendapatkan perlindungan dalam setiap aktivitas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tutupnya. (Rud/Tim/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top