Banner

Wednesday, December 4, 2019

Desa Netampin Kembangkan Minapadi Jajar Legowo. Mau Tahu?

BARITORAYAPOST.COM (Dusun Tengah) - Optimalisasi potensi lahan sawah irigasi harus dilakukan. Dengan demikian produk pertanian yang dihasilkan juga bertambah.

Salah satu yang sudah melakukan adalah petani Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Optimalisasi itu bertujuan meningkatkan pendapatan petani Desa Netampin. Caranya adalah dengan merekayasa lahan dengan teknologi tepat guna.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur (tanaman tunggal) ke sistem diversifikasi pertanian.

Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi budidaya mina padi dengan sistim tanam jajar legowo. Mina padi artinya kita lakukan kombinasi antara padi dan ikan di dalam lahan sawah yang ditanami padi dengan sistem jajar legowo.

Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaman hasil pertanian dan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air. Juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.


Untuk Komoditi ikan yang ditanam di percontohan mina padi ini yakni jenis ikan lele Sangkuriang.

Sistem usaha tani minapadi telah dikembangkan di Indonesia sejak satu abad yang lalu (Ardiwinata, 1987).

Selain menyediakan pangan sumber karbohidrat, sistem ini juga menyediakan protein sehingga cukup baik untuk meningkatkan mutu makanan penduduk di pedesaan (Syamsiah et all. 1988).

Dengan teknologi yang tepat, minapadi dapat memberi pendapatan yang cukup tinggi terutama di Desa Netampin Kecamatan Dusun tengah, Kabupaten Barito Timur.

Keuntungan yang didapat dari usaha tani minapadi berupa peningkatan produksi padi dan ikan, mengurangi penggunaan pestisida, pupuk anorganik, penyiangan dan pengolahan tanah atau dengan istilah lain yakni organik (Suriapermana, et all., 1994).

Rekayasa teknik tanam padi dengan cara tanam jajar legowo 2:1 atau 4:1, berdasarkan hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan produksi padi sebesar 12-22%.

Seperti yang disampaikan oleh Yuritinda selaku ketua kelompok tani dan Yanratno selaku penyuluh pertanian.

"Sistem legowo, memberikan ruang yang luas (lorong) sangat cocok dikombinasikan dengan pemeliharaan ikan lele Sangkuriang (minapadi legowo)."

Selain itu, lanjut Yanratno, "Hasil ikan yang diperoleh mampu menutup sebagian biaya usahatani. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani." (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top