Banner
Pimpinan & Karyawan PT Borneo Alam Kita penerbit Baritorayapost.com Mengucapkan Selamat Natal 25 Desember 2019 & Menyambut Tahun Baru 01 Januari 2020

Tuesday, December 3, 2019

Jaga Ekosistem Agar Tetap Seimbang, Dinas Perikanan Bartim Lakukan Restocking

Penyerahan bibit ikan secara simbolis oleh Kabid Budidaya Perikanan, Noveta Wijayanti kepada Kades Tampa Dubinata. 

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Dalam upaya menjaga hasil tangkapan nelayan tetap stabil,Dinas Perikanan Kabupaten Barito Timur,Provinsi Kalimantan Tengah laksanakan Restocking dengan mengambil lokasi di areal wilayah Bendungan Irigasi Tampa, Kecamatan Paku, Selasa (3/12/19).

Kadis Perikanan, Bernart melalui Kabid Budidaya Perikanan, Noveta Wijanti mengatakan bahwa spesies ikan yang dilepas liarkan untuk wilayah Bendungan Tampa yakni jenis ikan nila dengan jumlah bibit ikan sebanyak 50 (lima puluh) ribu ekor.

Ditambahkan,restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan.

Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.


Kegiatan konservasi keanekaragaman hayati melalui restocking ikan ini juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup diperairan tersebut tetap lestari, "Kegiatan konservasi bukan hanya melindungi ikan saja tetapi juga pemanfaatan yang berkelanjutan, artinya ikan yang boleh ditangkap untuk dikonsumsi adalah ikan ukuran konsumsi saja, sedangkan benih-benih dan induk ikan yang tertangkap tetap dibiarkan berkembang populasinya, "paparnya.

Tujuan dari kegiatan konservasi melalui restocking ikan adalah:
  1. Meningkatkan stock populasi ikan di perairan umum
  2. Melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan
  3. Meningkatkan produksi
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat/ nelayan disekitar wilayah tersebut.         
INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI PERAIRAN UMUM
Sementara syarat perairan umum untuk restocking adalah:
  1. Mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi
  2. Perairan tidak tercemar
  3. Kualitas perairan memenuhi kriteria baku  mutu air golongan C
  4. Kondisi perairan layak bagi kehidupan biota akuatik
  5. Sifat perairan permanen (mengandung air sepanjang tahun)
  6. Dekat dengan sumber benih.
Prioritas perairan umum untuk restocking.
SASARAN :
  1. Perairan umum yang sudah kritis dan padat tangkap sehingga ada penurunan hasil.
  2. Banyak nelayan/ pembudidaya ikan/ masyarakat yang bermukim disekitar perairan tersebut
MEKANISME RESTOCKING
Dalam pelaksanaan restocking ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sempurna, yaitu persiapan, koordinasi kegiatan, pembinaan dan pengelolaan:
  1. Peninjauan ke lokasi kegiatan; kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai perairan umum yang akan dilakukan restocking.
  2. Pengadaan benih dan syarat pemilihan jenis; Benih diutamakan jenis-jenis ikan yang mudah dan cepat berkembang biak, sehat, cepat beradaptasi, memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak bersifat predator.


REKOMENDASI JENIS IKAN
Jenis-jenis ikan yang direkomendasikan di perairan/danau
a. Ikan mas (Cyprinus carpio) b. Nila (Oreochromis niloticus) c. Patin (Pangasius pangasius) d. Lele (Clarias batracus) e. Gurame (Osphronemus gouramy)

Agenda kegiatan restocking juga direncanakan akan dilaksanakan pada daerah lainnya yang dinilai tingkat populasi ikannya menurun dan diharapakan melewati penyebaran benih ikan tersebut akan berdampak baik bagi nelayan tangkap terkhusus untuk Desa disekitarnya wilayah restocking.

Penyebaran benih (restocking) ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Tampa, Sekcam Kecamatan Paku, anggota nelayan dan Karang Taruna Desa Tampa.

"Semoga dengan diadakannya Restocking, ekosistem akan tetap terjaga dan hasil tangkapan nelayan kedepannya pun meningkat tutupnya. (Adi/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top