Banner

Sunday, December 1, 2019

Kelompok Tani Sabar Subur Desa Trans-Siong Getol Budidaya Cabe Rawit

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Cabe rawit merupakan jenis cabe yang banyak dibudidayakan di kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sebagai daerah tropis, Barito Timur memiliki potensi besar untuk membudidayakan cabe rawit tersebut. Cabe rawit ini pada umumnya memiliki tingkat kepedasan di atas cabe merah atau cabe keriting.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Ir. Riza Rahmadi, MM mengatakan, Dinas Pertanian saat ini mengembangkan lahan  untuk digunakan penanaman cabe rawit. 

Menurut Riza Rahmadi cabe rawit memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan cabe merah atau cabe keriting. Minggu (1/12/2019).

Pasalnya cabe rawit dianggap agak lebih tahan terhadap hama dan penyakit serta memiliki usia produktif yang lebih panjang.

"Jika dibudidayakan dengan benar cabe rawit mampu berproduksi hingga 2 sampai 3 tahun. Cabe rawit bisa tumbuh di mana saja dan mudah beradaptasi dengan lingkungan."


Salah satu kelompok tani yang membudidayakan cabe rawit ini yakni Kelompok Tani Sabar Subur dari Desa Trans Siong,  Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur.

Kelompok Tani Sabar Subur diketuai Ismail. 

Tanaman cabe rawit memerlukan sinar matahari penuh. Lahan untuk budidaya cabe rawit sebaiknya adalah lahan yang steril, yakni lahan yang belum pernah ditanami cabe sebelumnya atau tidak di tanami cabe minimal selama 6 bulan. "Cabe rawit juga tidak baik ditanam pada lahan yang berdekatan dengan lahan cabe yang ditanam lebih dulu." tutur Herman Sosilo, PPL Desa Trans Siong.

Cara menanamnya mudah. Salah satu tahapan untuk membudidayakan cabe, yaitu dengan mempersiapkan bibit dan penyemaian cabe rawit.

Baca Juga:

Tanam Manugal Padi Gunung di Desa Karang Langit

Jadikan Pekarangan Sebagai Aset Pangan Keluarga

Benih cabe rawit yang bisa ditanam bermacam-macam, bisa cabai lokal atau cabe hibrida. Untuk benih buatan sendiri dari cabe lokal, pilihlah buah cabe dari pohon yang sehat. Gunakan buah cabe yang sudah matang sempurna yaitu buah yang sudah merah sepenuhnya antara 90 - 100%. Buah cabe yang baik adalah buah dari hasil panen ke-4 hingga ke-6.

Sembuh, SP selaku kepala BPP Paju Epat berharap, dengan adanya tanaman cabe rawit ini mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan penyuluh di wilayah kecamatan Paju Epat. (Yes/Red/BRP)

KABUPATEN BARITO TIMUR, KALTENG.
#PPLmilenial.#PETANImilenial.#KOSTRAtani

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top