Tuesday, January 14, 2020

Kepala Dinas Bartim Tinjau Langsung Lahan Penangkaran Padi Di Desa Kupang Bersih


BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Kepala Dinas Pertanian kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, Ir.Riza Rahmadi,MM tinjau langsung lahan penangkaran padi sekaligus ikut serta menanam padi, didampingi Babinsa, kepala Desa, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pematang Karau, ketua Kelompok Tani (poktan) dan para petani di Desa Kupang Bersih kecamatan Pematang karau, Selasa (14/03/2020)

Usai beraktifitas, Riza menyampaikan bahwa tujuan penanaman padi di lahan penangkaran perdana merupakan upaya penambahan luas tanam (LTT) serta monitor kondisi pertanaman meskipun musim hujan dan rentan dari banjir.

"Saya datang kesini untuk memantau terkait intesitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, kita bersyukur bahwa lahan sawah yang juga jadi tempat penangkaran padi ini tidak ada yang kebanjiran. Adapun tujuan jangka panjang kita untuk penambahan tanam dan untuk penangkaran benih," ucap Riza kepad awak media baritorayapost.com.

Menurut Riza, diperlukan juga menstimulus masyarakat supaya semakin terlibat dalam pertanian melalui teknologi penggunaan alat mesin pertanian dan mekanisasi pertanian agar bisa menjadi salah satu kunci semakin efisiennya aktivitas budidaya pertanian.

“kita perlu menerapkan teknologi dalam pertanian dan kita usahakan melakukan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dan alat pertanian sebagai penunjang. Kalau semakin efisien, kita semakin berdaya saing artinya kesejahteraan petani semakin bisa ditingkatkan pemerintah,"jelas Riza.

Diwaktu yang sama, Kepala BPP Pematang Karau Yudhi Irwanto menjelaskan, di Kecamatan Pematang Karau terdapat 3 Poktan penangkar benih padi yaitu di Desa Kupang Bersih Kelompok Tani Kari Hapakat, Desa Ketab Kelompok Tani Nobilahi dan di Desa Lampeong Kelompok Tani Mekar Sari.

Dirinya juga menyebutkan,  rencana tanam untuk perbenihan sudah disiapkan sekitar 10 hektar sebagai sumber benih penangkaran per 1 Poktan di desa Kupang bersih. Menurutnya, dengan adanya persiapan ini akan sangat mendukung usaha untuk melakukan kegiatan peningkatan produksi.

"Kita memiliki 3 Poktan dari 3 Desa, kita juga telah memiliki program/rencana penangkaran benih di tiga desa di Pematang Karau ini yaitu benih unggul padi lokal Siam Busu," papar Yudi.


Sementara Kepala Desa Kupang Bersih, H. Alpiansyah  yang turut melakukan aktifitas tani dalam menanam benih padi sangat mengapresiasi dan mendukung program Pemerintah melalui Dinas Pertanian yang sudah berupaya meningkatkan mutu pertanian di desa yang dipimpinnya yang juga mayoritas penduduk Desa tersebut bekerja sebagai Petani.

"Saya selaku Kepala Desa mengapresiasi dan berterimakasih atas kinerja Dinas Pertanian yang sudah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tani, dan kita juga akan mendukung dengan mengajak para petani lebih maksimal meningkatkan kualitas. Disamping itu juga Pemerintah Desa akan berupaya membangun akses para tani dengan membuat titian di beberapa tempat, ujar Alpiansyah.

Seirama dengan Kepala Desa, Serma Joko Purwanto selaku Babinsa di Desa tersebut sangat mendukung upaya yang dilakukan Dinas Pertanian. "Kita selaku TNI yang berperan di Desa terus sejalan dengan Dinas Pertanian, melalui program Pemerintah di Pertanian kita tetap bersinergi," pungkasnya. (YCP/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top