Pimpinan & Wartawan Media Online Baritorayapost.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H

Wednesday, January 15, 2020

Pemkab Serahkan DPA ke SOPD Pengguna Anggaran

Wabup Gumas Efrensia LP Umbing ketika menyerahkan dokumen DPA kepada kepala SOPD di aula kantor DP3A, Rabu (15/1/2020) siang. 

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) - Ada 39 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sebagai  penguna anggaran, yang diserahkan langsung Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) oleh Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas), secara simbolis yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas, Sekretaris DPRD, Inspektorat, Dinkes, DPKO, DPU, DKP dan Dinas Pertanian di Aula BP3D, Rabu (15/1).

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan dengan sudah ditatapkannya Perda No.12 tahun 2019 dan Perbup No.37 Tahun 2019, maka siklus keuangan pengelola keuangan daerah memasuki tahapam akhir perencanaan. Sehingga nantinya, akan dijabarkan dalam operasional pelaksana teknis melalui DPA masing-masing perangkat daerah. 

“Pejabat pengelola teknis kegiatan dan bendahara pengeluaran untuk segera ditetapkan sebagai dasar pelaksana kegaiatan, seperti PPTK, RUP dan segera melakukan penetapan bagi penyedia barang dan jasa untuk nilai paket sampai dengan Rp.200 juta di 39 SOPD ini,” kata Efrensia LP Umbing dalam sambuatnnya, Rabu (15/1/2020).

Dirinya meminta kepada kontraktor supaya bekerja sesuai dengan time schedule yang ditetapkan, sehingga, tidak ada lagi rekanan yang awal kontrak santai saja, namun menjelang akhir bagai berpacu dengan waktu dalam penyelesaian pekerjaan tersebut. 

“Saya meminta kepada Kepala OPD dan PPTK untuk tidak memberikan toleransi kebijakan sedikitpun kepada kontraktor yang kalau mau berakhir seperti dikejar oleh waktu dan bekerja lah sesuai dengan waktu yang ditentukan itu,” tegasnya. 

Dia menambahkan, juga dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah, supaya berpikir out of the box dan keluar dari kebiasaan lama yang tidak produktif. Namun, bisa melakukan trobosan-trobosan yang inovatif, dalam sistem yang sudah ada dan ditentukan tersebut.

“Yang perlu diingat dasar hukum teknis maupun pelaksanaannya harus sesuai dengan sistem juga harus ada trobosan-trobosan baru untuk meminimalisir kekurangan daerah dan bisa mengoptimalkan kelebihan pada daerah kita,” pungkasnya. 

Sementara Itu, Plt Kepala DP3D Gumas Eligato menjelaskan bahwa target pendapatan APBD Kabupaten Gumas tahun anggaran 2020 sebanyak, Rp.1.101  triliun lebih, dengan rincian PAD berjumlah Rp.60.318  miliar lebih, dana perimbangan Rp.843 miliar lebih, dan lain-lain yang sah Rp.197 miliar lebih.

“Secara khusus untuk belanja langsung di APBD tahun 2020 ini, Rp.541 miliar lebih, dengan rincian belanja pegawai Rp.79 miliar lebih, barang dan jasa Rp.205 miliar lebih, belanja modal Rp.256 miliar lebih, juga jumlah program ada 502 dan kegiatan ada sebanyak 2.340 dilakukan 2 sekretariat 17 dinas, 6 badan, 1 inspektorat, 1 RS dan 12 Kecamatan,” tandasnya. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Beserta Staf & Bhayangkari | Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H | Mohon Maaf Lahir & Bathin

debuyandi


debuyandi
Dirgahayu Republik Indonesia Ke- 75 Tahun| Indonesia Maju

debuyandi
Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 01 Agustus 2020

debuyandi
Back to Top