Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Tuesday, January 14, 2020

Penipu Berkedok Agama Diringkus Sat Reskrim Polresta Palangka Raya

BARITORAYAPOST.COM (Palangka Raya) - Seorang pemuda berinisial EKS (34) warga Palingkau Lama, Kabupaten Kapuas, nekat melakukan aksi penipuan dengan modus pindah keyakinan (mualaf) agar mendapatkan perhatian dari korbannya. 

Pemuda ini sempat viral dibeberapa grup media sosial lantaran telah menipu seorang Ustadz di Palangka Raya dengan membawa kabur sepeda motor dan beberapa barang berhaga.


Dalam Press realisnya Kasat Reskrim Polrestra Palangka Raya, Kompol Todoan Agung, S. I.K menuturkan, tersangka melakukan aksinya bukan kali pertama dengan modus berpura-pura berpindah agama dan memanfaatkan belas kasihan dari orang dan kerap kali menipu di beberapa tempat berbeda. 


Saat di Palangka Raya, pelaku berpura-pura menjadi Mualaf di Masjid Jalan Mendawai, dan sempat ditampung oleh salah satu ustadz setempat.


Ternyata sikap baik tersebut membuat tersangka mendapatkan kesempatan melancarkan aksinya saat korban pergi ke luar kota dan tersangka langsung kabur dari rumah korban membawa sebuah sepeda motor dan beberapa barang berharaga ke wilayah Kabupaten Kapuas.


Selain menipu seorang Ustadz tersangka juga pernah melakukan penipuan terhadap pendeta dengan berpura-pura masuk ke agama kristen.


Setelah tersangka berhasil diringkus Satuan Reserse Kriminal jajaran Polresta Palangka Raya, petugas mengamankan sejumlah barang bukti yakni uang tunai berjumlah 1 juta rupiah dan sepeda motor.


Tersangka mengaku, ide penipuan ini didapatnya dari dalam penjara saat dirinya ditahan lantaran kasus narkoba. 


Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya, Kompol Todoan Agung, SIK menambahkan, "Untuk tersangka, Kita kenakan Pasal 362 dan 372 KUHP dengan ancaman 5 Tahun Penjara,” pungkasnya. (Adr/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 06 Juli 2020 debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top