Tuesday, January 14, 2020

Sambut Pilgub KPU Gumas Akan Butuh Anggota PPK, Begini Penjelasannya?

Ketua KPU Gumas Stepenson bersama Bawaslu Gumas ditemui awak media di ruang kerjannya, Selasa (14/1/2020). 


 
BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) - Menindak lanjuti surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, No. 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 pada 10 januari 2020 lalu. Maka pihak KPU Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan membentuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tiga tempat yakni di Kecamatan Kurun, Kahut dan Rungan. Tujuannya, dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Waktu kita menerima pendaftaran akan dimulai sejak tanggal 18-24 Januari 2020 ini, untuk formulir PPK dapat diambil di sekretariat KPU Gumas, atau kantor kecamatan di Tumbang Jutuh, dan untuk Kahut di Tumbang Miri. Wajib sebagai WNI yang juga memenuhi kualifikasi usia paling rendah 17 tahun,” kata Ketua KPU Gumas Stepenson saat ditemui diruang kerjannya, Selasa (14/1/2020).

Lanjutnya untuk anggota PPK harus setia kapada Pancasila sebagai Dasar negara RI dan UU RI tahun 1945, mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur, adil. Juga tidak sebagai anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, dan berdomisili di wilayah kerja PPK setempat.



“Anggota PPK juga Mampu secara jasmani rohani bebas dari Narkotika, pendidikan minimal SMA sederat, tidak pernah dipidana penjara, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU dan lainnya, belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota PPK tidak dalam ikatan perkawinan sama-sama penyelengara pemilu dan tidak menjadi tim kampanye,” ujarnya.

Ditambahkan Stepenson, untuk time line pembentukannya seperti kegiatan, sejak dimulai pengumuman, penerimaan pandaftaran selama tujuh hari, penelitian administrasi, seleksi tertulis,  penguman hasil seleksi juga dua hari dan tangapan masyarakat durasinya sembilan hari.

 “Untuk tes wawancara 3 hari dari 8-11 Februari, penguman hasil 10 besar tujuh hari, penguman pasca hasil kualifikasinya tahap kedua,  pelantikan akan dilakukan tanggal 29 Februari ini, masa kerja 9 bulan dari 1 Maret hingga 30 November 2020 ini,” tandas dia. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top