Tuesday, January 14, 2020

Sastra Jaya: Perusahaan Harus Transparan Terkait Tenaga Kerja

BARITORAYAPOST.COM (Muara Teweh) - Berdasarkan laporan yang diteriman anggota DPRD Barut, pengusaha masih terkesan kurang transparan dalam memberikan laporan kepada instansi daerah, baik kepada pemerintah di tingkat desa/kelurahan, Kecamatan juga Kabupaten dalam hal tenaga kerja.

Menurut Waket II DPRD Barut Sastrajaya, kurang transparan perusahaan, akan sangat menyulitkan pemerintah daerah saat terjadi perselisihan atau ada masalah antara pihak pengusaha dan pekerjanya.

"Terkait masalah tenaga kerja ini, saya meminta kepada dinas terkait agar dapat melakukan pendataan dengan sistem jemput bola ke perusahaan," terang Sastrajaya, Selasa (14/1/2020).

Sehingga, kata politis PDIP ini, akan diketahui secara benar mengenai perbandingan tenaga kerja lokal dan juga non lokal yang ada pada perusahaan.

Dia menegaskan, salah satu masalah yang sering muncul di perusahaan adalah kecemburuan sosial, dimana jika perusahaan lebih banyak menggunakan tenaga kerja dari luar daerah di banding penduduk lokal, tidak jarang penduduk lokal melakukan protes dengan cara mereka sendiri.

Karenanya, dia mengimbau agar perusahaan-perusahaan di wilayah ini dapat memberdayakan penduduk lokal, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat. (Ab/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top