Wednesday, January 15, 2020

Warga Tampa Hidup Bersama Empat Anaknya di Rumah Tak Layak Huni

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Rumah dengan ukuran 5 X 6 meter yang ditempati salah satu warga Desa Tampa, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur memperihatinkan dan tidak layak huni.

Rumah yang ditempati Diana (48) bersama dengan keempat orang anaknya tersebut kondisinya terlihat memprihatinkan lantai dan dinding rumah yang berbahan dasar kayu tersebut terlihat keropos bahkan ada yang sudah tidak ada papan lantainya lagi demikian juga dengan atapnya yang sebagiannya sudah hancur sehingga begitu hujan lantai pun menjadi basah dan tergenangi air.



Kepada wartawan Baritorayapost.com, Rabu (15/1/2020), Diana menuturkan kondisi rumahnya tersebut pernah mendapat perhatian dari pemerintah Desa Tampa dengan melakukan pendataan agar masuk dalam program bedah rumah namun dari beberapa kali pendataan realisasinya sampai saat ini belum ada ungkapnya.



"Rumah ini sudah beberapa kali didata dan diambil fotonya oleh pemerintah Desa Tampa namun sampai saat ini bedah rumah yang dijanjikan belum terlaksana.saya tidak tahu apakah program bedah rumah tersebut merupakan bagian dari program pemerintah desa ataukah program Dinas Sosial"katanya.

Diana juga menceritakan.ada keinginan untuk merehab rumahnya tersebut tapi faktor ekonomi sangat tidak memungkinkan dan ditambah semenjak suaminya meninggal dunia pada tahun 2016 silam otomatis dia yang menjadi tulang punggung keluarga dengan menjalani rutinitas tiap hari sebagai penyadap karet dan hasilnya itu pun kecil dan hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga hari-hari (Sembako).



"Bila cuaca baik saya menyadap karet karena hanya itu satu-satunya usaha saya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan hasilnya pun tidak seberapa" kata Diana sambil mendekap anak bungsunya yang baru duduk di kelas II SD.

Dikesempatan tersebut Diana juga mengharapkan uluran tangan dari Pemerintah melewati Dinas terkait agar bisa membantu membedah rumah yang ada supaya tempat tinggal mereka menjadi tempat tinggal yang layak huni. (Adi/Red/ BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top