Sunday, February 9, 2020

Kejari Pulpis Berikan Pendampingan Hukum Kegiatan PTSL

Kejari Pulpis Triono Rahyudi, SH MH bersama Kepala Kantor ATR-BPN Pulpis Iwan Susianto saat penandatanganan kerjasama  PTSL 2020 baru-baru ini.

BARITORAYAPOST.COM (Pulang Pisau) - Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Triono Rahyudi, SH.,MH mengatakan, pada tahun 2020 kembali memberikan pendampingan Hukum terhadap pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

"Kejaksaan Negeri Pulang Pisau hadir untuk meberikan dukungan dan support kepada BPN dalam pelaksanaan PTSL, yakni support dan dukungan fungsi dari bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), melalui pemberian bantuan legal opinion dan legal acistance, " kata Triono Rahyudi.

Pria yang sebelumnya menjabat Koordinartor oada Kejati DIY itu mengatakan, bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU antara Kepala ATR-BPN Pulang Pisau. MoU itu kata Triono, merupakan tugas fungsi dalam memberikan supporting terkait program pemerintah pusat. Selain itu kata Triono, sapaan akrab Triono Rahyudi itu dalam rangka ikut mengawasi dan memastikan ketaatan hukum dalam penyelenggaraan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.



" Kegiatan MoU yang sudah di tandatangani itu merupakan upaya program penyelamatan asset milik pemerintah, maka Kejaksaan akan bekerja sama dan koordinasi dengan BPN dalam rangka inventarisasi pengamanan asset negara, " jelasnya.

Triono juga mengatakan, selain itu MoU ini juga dalam rangka program percepatan dukungan investasi usaha, serta tugas lain sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan yang berlaku. Oleh karenanya, Kejaksaan harus bisa hadir untuk meberikan dukungan dan support kepada BPN. Bentuk support dan dukungan fungsi dari bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), yakni melalui pemberian bantuan legal opinion dan legal acistance.

"MoU ini merupakan tahapan bukti bahwa institusi pemerintahan sudah melakukan kerjasama antar lembaga dalam rangka mendukung tugas fungsi BPN dalam bidang pertanahan, " imbuhnya.

"Selanjutnya, ATR-BPN dengan Kejaksaan Negeri Pulang Pisau akan melakukan penyuluhan dan sosialisi pelaksanaan PTSL kepada masyarakat, hal ini guna mengantisipasi dan menghindari adanya pihak yang berniat menyalahgunakan program pemerintah tersebut, sehingga PTSL dapat berjalan dengan lancar, dan masyarakat terlayani dengan baik, " tandasnya. (BS/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Berita Terkait

Back to Top