Sunday, March 22, 2020

HIGHLIGH Berita Wabah CORONA (4)

Jumlah korban virus corona di Italia tertinggi di dunia!. 

BARITORAYAPOST.COM (Jakarta) - ITALIA paling parah. Itulah yang bisa kita sampaikan kepada publik. Korban virus Corona di Italia, hari ini mencapai 800 orang. Ya! Sebanyak 800 orang sehari terakhir. Sungguh mengerikan dan sekaligus menyedihkan!

1. SEBANYAK 800 orang di Italia meninggal dalam sehari, Sabtu (21/3), akibat Covid-19. Dengan tambahan 800 orang korban pada hari terakhir itu, maka total meninggal warga negeri Mediterania itu menjadi 4.825 orang.

Saat ini, jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Italia sudah menyalip China, Kamis (19/3). Total kematian di Italia pun melebihi laporan China dan Iran.

Berdasarkan data Worldometers, Italia memiliki lebih dari 53 ribu kasus Covid-19. Sebanyak 4.825 diantaranya meninggal dan 6 ribu lainnya kembali sehat.

Hal ini sepertinya tidak terbayang oleh negara Italia itu ketika seorang pensiunan pekerja bangunan di negara itu jadi penderita pertama yang meninggal di Eropa sebulan lalu.

Kepala Institut Kesehatan Italia, Silvio Brusaferro, meminta para penduduk lanjut usia untuk tetap di dalam rumah sepanjang hari. Sebab, rata-rata usia penduduk korban meninggal di Italia ada di angka 78,5.

"Jika Anda tidak mengikuti segala aturan (pemerintah), maka Anda membuat segalanya makin sulit," demikian perintah yang disampaikan pemerintah kepada rakyat Italia.

2. MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengatakan, tidak ada keharusan bagi umat Islam untuk menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini, apalagi di tengah pandemi virus corona COVID-19. MUI pun memahami jika ada pihak yang kecewa karena sudah jauh hari merencanakan peringatan Isra Miraj.

"Kita harus tahu dan sadar, bahwa tahun ini kita tidak menyelenggarakannya bukan karena apa-apa, tapi karena adanya situasi yang tidak mendukung. Karena kalau tetap kita bersigigih dan memaksakan penyelenggaraannya, maka tentu kemungkinan mudaratnya akan jauh lebih besar dari manfaatnya," ujar Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas dalam keterangannya, Sabtu (21/3/2020).

Anwar mengatakan, justru jika tetap dipaksakan menggelar Isra Miraj dengan kondisi keramaian, akan menimbulkan kemudaratan atau sesuatu yang merugikan. Ini karena dikhawatirkannya potensi penularan virus corona.

"Karena hal ini jelas berpotensi besar bagi membiak dan menularnya virus corona yang sangat berbahaya tersebut karena orang tentu akan banyak berkumpul di tempat acara tersebut sehingga kemungkinan merebaknya virus corona yang kita takuti tersebut tentu akan semakin tinggi dan itu jelas akan sangat berbahaya dan akan membawa kemudaratan kepada kehidupan kita," jelas Anwar.

3. PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan mengambil langkah lockdown di tengah penyebaran virus Corona (COVID-19) yang semakin masif. Hal itu disampaikan oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Doni menyatakan Jokowi telah memberikan interuksi kepada dirinya untuk tidak tidak mengambil langkah lockdown. Menurutnya, pernyataan itu sudah menjadi keputusan pemerintah Indonesia.

"Sekali lagi saya tegaskan, pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi yang juga telah memberikan interuksi kepada kepala gugus tugas tidak akan ada lockdown," ujar Doni seperti dilihat detikcom dalam unggahan video di akun Twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Agus Wibowo, Minggu (22/3/2020).

"Sehingga jawaban saya ini mungkin menjadi sebuah kepastian bagi seluruh komponen masyarakat termasuk juga rekan-rekan, sahabat dari berbagai negara yang sekarang berada di Indonesia khususnya di Jakarta," lanjut Doni.

4. RUAS jalan protokol Sudirman-Thamrin Jakarta menjadi salah satu lokasi yang akan disemprot disinfektan Minggu (23/3). Selama proses penyemprotan tersebut akses jalan bakal ditutup.

"Iya untuk Sudirman-Thamrin akan ditutup total," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (21/3/2020).

Baca Juga:

HIGHLIGH Berita Wabah CORONA (1)

HIGHLIGH Berita Wabah CORONA (2)

HIGHLIGH Berita Wabah CORONA (3)

Penutupan dilakukan selama proses penyemprotan berlangsung antara pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top