Monday, March 23, 2020

HIGHLIGHT Wabah Corona (7)

Pangeran Albert dari Monaco. 

BARITORAYAPOST.COM (Jakarta) - Virus Covid-19 tak mengenal korbannya. Siapa saja diserangnya. Orang kaya, miskin, rakyat jelata, pejabat negara tak dipedulikannya.

Virus ini bergerak dan berkembang secara cepat dan leluasa. Apalagi bentuk dan wujudnya sangat kecil, tak kasat mata.

Pejabat negara yang sudah diserangnya cukup banyak. Di Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga dilumpuhkannya. Kini,  kesehatan Menteri Budi.Karya sudah semakin membaik.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebut angka kematian akibat COVID-19 ini menyentuh angka 5 ribu orang. Virus ini juga telah menginfeksi lebih dari 132.500 orang di berbagai belahan dunia. Namun saat yang sama, angka mereka yang sembuh dari virus ini juga terus bertambah.

Berikut ini para pejabat yang sudah diserangnya.

1. MONACO: Pangeran Albert II dari Monako dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19, tetapi kondisinya sama sekali tidak mengkhawatirkan.

"Pangeran Albert terus bekerja dari kantor di apartemen pribadinya," bunyi siaran pers, sebagaimana dilaporkan Channel News Asia.

2. TEHERAN: Seorang tokoh senior dalam pemerintahan Iran, yang menjadi bawahan langsung Presiden Hassan Rouhani telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. Hal ini menjadikannya sebagai pejabat ketujuh Iran yang dikonfirmasi positif, termasuk seorang ulama terkemuka yang telah meninggal.

Wakil Presiden Masoumeh Ebtekar, wakil Rouhani untuk urusan wanita dan wanita berperingkat tertinggi di pemerintahan, memiliki infeksi virus korona yang dikonfirmasi dan dikarantina di rumah. Hal ini disampaikan oleh wakilnya.

Wakil presiden Iran ke-1, Eshaq Jahangiri, juga diduga terjangkit COVID-19.

Kepala Hakim di Iran Mostafa Pourmohammadi juga terkena Corona.

Pourmohammadi yang juga mantan Menteri Kehakiman Iran dilaporkan telah terjangkit virus mematikan itu. Pourmohammadi dilarikan ke rumah sakit pada Kamis, 26 Februari 2020 setelah menunjukkan gejala terkena virus corona. Media di Iran pada Sabtu, 29 Februari 2020 mewartakan hasil tes menunjukkan Pourmohammadi positif terkena virus COVID-19.




Wakil Presiden Iran, Masaumen Ebtekar.

Dia saat ini dirawat di rumah sakit Daneshvari di Ibu Kota Teheran, Iran. Pourmohammadi juga pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Iran periode 2005 - 2008.

3. MONGOLIA: Sepulang dari kunjungan kerja ke Cina, Presiden Mongolia Battulga Khaltmaa dan sejumlah pejabat langsung dikarantina selama 14 hari.

Presiden Battulga adalah kepala negara pertama yang mengunjungi Cina sejak negara itu terkena wabah virus Corona Covid-19.

Kedatangan Presiden Mongolia itu ke Beijing ditemani oleh Menteri Luar Negeri Tsogbaatar Damdin serta beberapa pejabat senior pemerintah. Dalam kunjungan kerja tersebut, mereka bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

4. BRAZIL: Presiden Bolsonaro melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump kurang dari sepekan lalu, melibatkan sejumlah menteri di kabinet dan pejabat senior. Pertemuan dilakukan di Mar-a-Lago. Usai pertemuan itu, sekertaris partai Alliance for Brazil, Fabio Wajngarten pada Kamis, 12 Maret 2020 dinyatakan positif virus corona dan saat ini sudah dikarantina.

Bukan hanya itu, pengacara Bolsonaro, Karina Kufa, yang juga ikut dalam pertemuan itu, positif terkena COVID-19.

5. KANADA: Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengumumkan akan melakukan isolasi diri setelah istrinya positif virus corona.

Sophie Gregoire Trudeau, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Gregoire Trudeau telah dites virus corona atau COVID-19 dan hasilnya positif. Gregoire Trudeau adalah orang Kanada ke-158 yang dites positif virus COVID-19. Dia mengatakan dirinya mengalami gejala virus yang tidak nyaman tetapi berusaha untuk bangkit.

6. INGGRIS: Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries juga dinyatakan positif COVID-19 dan pada Selasa, 10 Maret 2020 mengkarantina diri sendiri.

Dorries, menteri kesehatan junior Inggris, baru saja menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Boris Johnson dua hari sebelum diketahui terinfeksi.

Otoritas kesehatan Inggris bekerja cepat melacak siapa saja yang telah melakukan kontak dengan Dorries, termasuk konstituen dan anggota parlemen, serta rekan kerja di Departemen Kesehatan.

7. ITALIA: Kepala Staf Angkatan Darat Italia, Salvatore Farina juga tak luput terserang Corona.

Italia merupakan salah satu negara Eropa yang mendapat dampak besar karena virus Corona. Negara ini pun memberlakukan lockdown dan menutup berbagai tempat wisata yang ada.

Salvatore Farina yang merupakan Kepala Staf Angkatan Darat. Salvatore Farina diharuskan menjalani masa karantina setelah dinyatakan positif virus Corona.

Jenderal Farina akan tetap diisolasi di rumah. Posisinya akan digantikan oleh Jenderal Federico Bonato. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top