Friday, March 20, 2020

Pelaku Penipuan Ini Diringkus Polisi

BARITORAYAPOST.COM (Muara Teweh) - Berbagai macam jalan atau cara seseorang untuk memperdayai korbanya, seperti dilakukan pria warga jalan Keladan Kota Muara Teweh, bisa tangani masalah hukum atau mengurus perkara. sebut saja K (38) kini harus berurusan dengan pihak berwajib,  Dia nekat, bisa menjamin anak korban bisa lepas dari masalah hukum.

Kapolres Barut melalui, Kasat Reskrim Polres Barut AKP Kristanto Situmeang, SIK menerangkan, pelaku ditangkap pada, Rabu (18/3/2020) sekitar pukul.17:15 WIB, di kawasan Jalan Yetro Sinseng, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Kronologis kejadian, sekira bulan Februari 2020 di Muara Teweh,  awalnya korban SP ingin meminta bantuan kepada pelaku untuk mencarikan solusi hukum yang menimpa anaknya AR yang sedang menjalani proses penyidikan oleh Sat Reskrim Polres Barut. Kemudian pelaku menyampaikan bahwa memiliki kenalan yang dapat mengurus perkara yang sedang dijalani oleh anak pelapor 

"Untuk mengurus perkara tersebut, pelaku meminta uang kepada korban, karena pelaku dapat meyakinkan korban sehingga pelaku terbujuk untuk memberikan uang kepada terlapor secara bertahap melalui tranfer dengan sebanyak Rp13.300.000," terang Kasat Reskrim Polres Barut AKP Kristanto Situmeang, SIK, Kamis (19/3/2020).

Namun, setelah uang di transfer kepada pelaku, perkara yang sedang dijalani oleh anak korban tetap berjalan dan penyidik Sat Reskrim Polres Barut melakukan penangkapan dan penahanan terhadap anak korban AR.

Berbagai upaya dilakukan korban dengan berusaha menghubungi pelaku melalui HP, namun pelaku susah dihubungi dan selalu mengatakan sedang tidak berada di Muara Teweh. Korban merasa kecewa karena apa yang semula dijanjikan tidak sesuai kenyataan, atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp13.300.000, dan melapor ke pihak berwajib.

Baca Juga:

Ditemukan Barbuk 2 Paket, Pengedar Sabu Digelandang Ke Polres Barut


"Hasil pemeriksaan, tersangka membenarkan telah menerima uang senilai Rp13.300.000, yang dikirim melalui transfer dari rekening  secara bertahap," beber Kasat.

Dari uang yang diterima tersebut, telah digunakan oleh tersangka untuk kepentingan pribadi sebesar Rp10.300.000, dan sisanya Rp3.000.000, diberikan kepada FA yang kini masih pencarian untuk pengurusan perkara AR. "Pelaku dikenakan pasal pasal 378 KUHP dan kami juga mengamankan barang bukti satu berkas print out transaksi keuangan rekening milik korban yang didalamnya tercantum bukti transfer ke rekening atas nama pelaku K," tutupnya. (Ab/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top