Wednesday, March 25, 2020

Pemprov Kalteng Bagikan Masker 1 Juta Pcs untuk 14 Kabupaten dan Siapkan 20 Ribu APD Para Medis

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Mengantisipasi Penyebaran Coronavirus (Covid-19), yang merambat dibelahan penjuru Negara Republik Indonesia, dan sudah dinyatakan dalam zona merah penyebaran Covid-19 termasuk Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Sikap cepat tanggap darurat pencegahan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, dengan memberikan surat edaran dalam bentuk himbauan pencegahan dan tindakan dengan memberikan Masker (alat pelindung pernapasan ) sebanyak 1 juta Pcs (pieces) untuk 14 Kabupaten se-Kalteng guna mengantisipasi cepatnya penularan virus tersebut.

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, didampingi Sekretaris Daerah Pemprov Kalteng, Fahrizal Fitri, S.HUT,.M.P beserta jajaran membuka komunikasi secara langsung (live) Video Conferense bersama 14 para pimpinan Pemerintah Kabupaten se-Kalteng, untuk berdiskusi dan tindakan yang dilakukan terkait penanganan Covid-19, di Istana Gubernur Kalteng, pada Selasa (24/03/2020)

"Kita membagikan 1 juta Pcs Masker untuk 14 kabupaten se Kalteng. Dan kita juga didukung oleh pihak perusahaan yang saat ini juga sedang order Masker yang akan kita beli sebanyak 2 juta Pcs," jelas Sugianto.

Dirinya juga menyebutkan agar pembelian Masker dapat  tercapai, setidaknya 1 juta Pcs. Sedangkan untuk Alat Pelindung Diri (APD) para Medis, dikatakannya bahwa Pemprov Kalteng telah order sebanyak 20 ribu Pcs, "Setelah alatnya tiba, kita sampaikan ke masing-masing Pemkab," lanjut pria yang belum lama dikaruniai seorang Putra.

Menurut orang nomor satu di Bumi yang berjuluk Tambun Bungai ini Pemkab bisa melakukan antisipasi Covid-19 dengan tidak bersentuhan secara fisika dan jaga jarak (Physical Distancing),  kurangi pertemuan dan kegiatan yang mendatangkan orang banyak.

"Kita menyarankan kepada pimpinan daerah di masing-masing Kabupaten, Untuk penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebaiknya dilakukan di kabupaten. Namun apabila pasien dalam pengawasan (PDP), segera dibawa langsung untuk di rujuk ke Palangka Raya, karna disini cukup untuk penanganannya, baik para medis dan fasilitas alatnya sudah disediakan," terang Sugianto.

Untuk bantuan APD akan segera ditanggapi, namun kita harus bersabar, tidak bisa mendesak menyediakan alat tersebut. "Bukan tidak ada uangnya, melainkan alat yang kita pesan sangat terbatas. Kita sedang order sebanyak 20 ribu Pcs, "Setelah alatnya tiba, kita sampaikan ke Pemkab," ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat Kalteng khususnya dapat menyikapi dan membantu pencegahan, dengan mematuhi surat edaran dan peran aktif masyarakat terkait Wabah Covid-19, dalam hal ini sangat dibutuhkan," pungkasnya.(YCP/Red)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top