Wednesday, March 18, 2020

Pengembangan Landasan Pacu Bandara Sangkalemu Perlu Diperhatikan

 


Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Gumas, Yemie, sedang membuka kegiatan sosialisasi di GPU Damang Batu, Selasa (17/3/2020). 

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) – Landasan pacu bandara sangkalemu yang terletak di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menjadi suatu perhatian serius. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gumas bersama Kantor unit penyelenggara Bandar Udara Kelas III Kuala Kurun, melaksanakan sosialisasi dan dukungan pemda setempat.

“Didalam pembahasan sosialisasi itu, mereka dari kantor unit untuk meminta dukungan dari Pemda, dengan adanya, penerbangan angkutan rute Kuala Kurun-Banjarmasin, yang mana adanya keterkaitan dengan pengembangan landasan pacu di bandara sangkalemu ini, sehingga sangat penting dilakukan pembahasan,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Gumas, Yemie, mewakili Bupati Gumas Jaya S Monong, Selasa (17/3/2020).


Dikatakannya, bahwa sosialisasi tersebut penting dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat mengetahui rencana pengembangan Bandara tersebut ke depan. Yang perlu diperhatikan yakni di sekitar lokasi area bandara tersebut.

“Dengan adanya rencana perluasan dan pengembangan bandara Sangkalemu ini, yang menjadi perhatian kita bersama yaitu bangunan rumah warga yang didekatnya misalnya bangunan sarang wallet, karena itu bisa berdampak pada akltifitas terbang,” jelasnya.


Disisi lain, Kepala Bandara Sangkalemu Kuala Kurun, Darsono mengutarakan dengan adanya rute penerbangan antara Banjarmasin ke Kuala Kurun, dia mengharapkan ditahun 2020 ini bisa teralisasi  dengan sebaiknya.

“Untuk jumlah penerbangan cuma 50 persen saja yang teralisasi untuk itu kami berharap agar bisa capai 100 persen.  Agar yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI subsidi itu kedepan tidak akan ditarik kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, tambah Darsono, untuk rute penerbangan, hanya dilakukan per minggu, maka dirinya mengharapkan juga kedepan, bisa di genjot, dengan catatan setiap hari harus ada pemberangkatan.

“Kalau untuk jadwal rute penerbangan di Bandara Sangkalemu Kuala Kurun, akan kita targetkan reguler setiap hari dengan jumlah keberangkatan sebanyak 10 kali sehari,” demikian Darsono. (Yes/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top