Friday, March 27, 2020

Prediksi Hasil Panen, BPP Paku Lakukan Pengubinan di Desa Tampa

Kegiatan Pengubinan Kelompok Tani "Kalawangun" Desa Tampa. Kecamatan Karusen Janang, Barito Timur.

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Paku melakukan pengubinan untuk memprediksi hasil panen gabah per hektar saat memasuki musim tanam bulan Oktober dan Maret mendatang

Pengubinan ini dilakukan BPP Kecamatan Paku bersama Babinsa TNI dan petani di Kelompok Tani Kalawangun Desa Tampa. Jumat (27/3/2020).

Koordinator BPP Kecamatan Paku, Asbel Serep mengatakan,hasil padi kurang memuaskan karena hanya berkisar 5,6 ton per hektar. hal tersebut diakibatkan beberapa kendala seperti faktor cuaca tidak menentu dan banjir serta serangan hama atau penyakit seperti penggerek batang,walang sangit dan tikus.katanya.

Menurutnya, semua masalah tersebut telah ditanggulangi sejak dini oleh petani dan penyuluh, namun serangan hama atau penyakit pasca banjir pada padi hibrida varietas SL 8 ini cukup berat.

"Walaupun hasil kurang maksimal petani tetap merasa puas karena hasil masih dikategorikan masuk standar pertanian dan kami dari BPP Kecamatan Paku dan penyuluh tetap memantau semua keadan padi yang saat ini sedang awal musim panen yang tersebar di 12 desa Kecamatan Paku," tambah Asbel.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Ir Riza Rahmadi, MM berharap agar semua penyuluh bisa terus memantau wilayah binaannya masing-masing agar bisa memastikan tidak terjadi kerawanan pangan pada petani.

"Petani harus terus didampingi hingga pasca panen, dan kita berharap pada musim tanam berikutnya hasil panen petani lebih maksimal lagi,"pungkas Riza. (Adi/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top