Thursday, March 26, 2020

Tangapi Imbauan Pemerintah Dengan Bijak. Takut Itu Wajar, Tapi Jangan Berlebihan

BARITORAYAPOST.COM (Tamiang Layang) - Pendemi Virus corona memang sangat berdampak besar dan tidak hanya bagi kesehatan saja akan tetapi berdampak juga pada ekonomi bahkan perilaku seseorang.

Kamriah warga Desa Tampa, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat berbincang dengan wartawan Baritorayapost.com, Kamis (26/3/2020) juga menyampaikan pandangannya terkait penyebaran covid 19 yang kian meluas serta opini yang berkembang di masyarakat.

Dikatakan,dampak pendemi Covid 19 sangat luar biasa tapi jangan sampai efek dari rasa takut yang berlebihan (Paranoid) berimbas pada takut bekerja,takut bertegur sapa, takut berpapasan, takut keluar, bahkan takut pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan pokok rasa takut itu wajar saja akan tetapi tidak harus berlebihan, tandasnya.

Dikhawatirkan bila rasa takut berlebihan terjadi,itu akan memicu syndrom dan akibatnya antibodi turun dan pada akhirnya akan jatuh sakit,bukan sakit karena virus corona akan tetapi karena ketakutan itu sendiri, tandasnya.

Terlepas dari hal tersebut saat ini diberbagai media sosial baik di Goup WhatsApp dan juga Facebook berseliweran tangapan dari netizen yang cenderung berlebihan bahkan salah dalam mengartikan dan menangapi imbauan Pemerintah baik pusat maupun daerah.

Sebagai contoh,imbauan agar berdiam diri dirumah dan tidak perlu keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak serta menghindari pusat keramaian.Itu malah diartikan seolah-olah pemerintah ingin agar kita diam dirumah,tutup pintu dan jendela,makan,minum tidur serta tidak usah usaha, sementara tujuan dari imbauan tersebut tidak demikian,"kata Mia.

Menurutnya,imbaun tersebut pada intinya berkeinginan agar masyarakat turut serta berperan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 sekaligus saran untuk tetap menjalankan pola hidup sehat.

Kalaupun karena keperluan yang mendesak misalkan harus bekerja atau pergi ke pasar atau toko belanja kebutuhan pokok, haruslah standar perlindungan diperhatikan dengan cara mengunakan masker dan saat kembali sebelum memasuki rumah.tangan dan kaki harus dicuci dengan sabun atau disemprot dengan hand sanitizer agar kuman maupun virus mati.demikian pula dengan pakain yang digunakan sebaiknya langsung dicuci.dan lebih penting lagi kosumsi makanan dengan nilai gizi tinggi serta rajin berolahraga agar imunitas badan tetap terjaga dan hal tersebut selaras dengan apa yang menjadi imbauan pemeritah.

Dan yang perlu diingat, sekeras apapun usaha dalam penanggulangan wabah virus corona itu tidak akan pernah berhasil bila masyarakatnya tidak mematuhi segala bentuk imbauan maupun kebijakan yang dikeluakan pemrerintah tutupnya (Adi/Red/BRP).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back to Top