Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Friday, May 8, 2020

Menelisik Kemampuan Riumtono, Seorang Tabib yang Memiliki Ilmu Pengobatan Spiritual

Riumtono (kiri) Tabib bersama Kakah Sabel (kanan) duduk santai di kediaman, usai mengobati pasien. Jumat (08/05/2020). 

BARITORAYAPOST.COM (Buntok) - Masih kental dengan adat leluhur, budaya spiritual yang dilakukan untuk mengobati berbagai macam penyakit sudah dibuktikan dapat sembuh. Hal tersebut dibenarkan dari pengakuan beberapa pasien yang sempat ditangani Riumtono, seorang pria (53) tahun dari Desa Ugang Sayu, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Warisan Leluhur yang dimiliki dan dimanfaatkan Pria yang disebut juga sebagai Tabib ini, dilakukan untuk menolong sesama warga yang kerap kali mengeluhkan penyakit, yang datang untuk meminta disembuhkan secara tradisional (non medis), dengan menggunakan ramuan alami, dari akar dan rempah-rempahan yang ada di tanah Boneo.

Keunikan dan adat budaya yang dilakukan Riumtono, menjadi perhatian masyarakat secara meluas, hingga tim awak media Baritorayapost.com datang mengunjungi kediamannya dan mencari keterangan tentang Isu yang selama ini menjadi perbincangan dari mulut ke mulut, bahkan sempat di beberkan oleh netizen di media sosial (Medsos) kemampuan Riumtono.



"Sebelum menyembuhkan pasien, saya adakan ritual dulu, dengan memanggil nama-nama guru saya, untuk minta lindungan dari para Hiang Piumung Jaya Pakuluwi (roh para lelehur), supaya prosesi pengobatan terhadap pasien berjalan dengan lancar," ucap Pria kelahiran 1967 ini secara rinci menjelaskan kepada awak media, Jumat (08/05/2020).

Menurut Riumtono, ilmu yang di dapat berawal dari hasil meditasi, sehingga mendapatkan wangsit, untuk menyembuhkan berbagai penyakit sejak 10 tahun yang lalu, melalui akar-akaran dan hasil alam lainnya.



"Saya memiliki kemampuan ini untuk menolong sesama, dan sesuai kemampuan saya mengobati, namun bila ada yang membutuhkan pertolongan, saya coba untuk membantu sebisa mungkin," jelas Riumtono yang juga sebagai pekerja di salah satu perusahaan tambang batu bara ini.

Usai mendapat keterangan dari Riumtono, tim awak media Baritorayapost.com menelusuri lebih lanjut, mencari keterangan dari pasien yang sudah membuktikan kemampuan Tabib tersebut. Hardianus alias Kristian Tinjau pria (35) warga Desa Gagutur, kepada awak media membenarkan bahwa penyakit yang dialaminya beberapa waktu lalu enzim hati dan kolestrol dapat disembuhkan.

"Ya, saya yang merasakan khasiat dari kemampuan beliau, sebelumnya saya memiliki penyakit komplikasi, disebut enzim hati dan kolestrol pada waktu itu, syukur sekarang sudah sembuh atas bantuannya tanpa pamrih, seikhlas kita memberi," ungkapnya singkat.



Ditempat terpisah tim awak media menemui salah satu pasien Riumtono di Desa Tongka, Kecamatan Gunung Timang, Samdoh (47), membenarkan pernah berobat pada Riumtono.

"Benar, saya pernah berobat kepada Riumtono dengan menderita penyakit maag dan trigliserida, dan sekarang saya sudah sembuh. Ada pun jenis obat yang diberikan kepada saya berupa dedaunan dan akar," pungkasnya. (YCP/Kdn/Red).

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 09 Juli 2020 debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top