Selamat Hari Bhayangkara Ke- 74 | Kamtibmas - Kondusif - Masyarakat Semakin Produktif | Selamat Hari Bhayangkara ke-74

Wednesday, June 10, 2020

Begini Imbau Dewan,Terhadap Damang di Gumas

 

Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar bersama istri sedang ditemui tamu serta anggotanya di ruang tamu kantor dewan setempat, belum lama ini.  

BARITORAYAPOST.COM (Kuala Kurun) – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengingatkan semua damang yang ada di wilayah kabupaten setempat, mesti dan untuk selalu memperjuangkan serta memperhatikan hak-hak adat terutama di masing-masing daerah. Sehingga ada, kerjasama antar kedamangan.

“Dengan baru dilantiknya tiga damang beberapa waktu lalu, sehingga kami juga mengingatkan kepada mereka, supaya bisa memperjuangkan haak-hak adat kita, karena itu semua untuk kemajuan dari masyarakat Dayak khusunya yang ada di Gumas ini,” kata Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, lanjut politisi dari partai PDI Perjuangan ini menuturkan,  harus adanya sifat yang saling koordinasi antar semua pihak termasuk denga mantir adat yang ada di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut dapat membangun serta memberikan rasa persaudaraan diantara damang dan masyarakat.

“Untuk itu kami mengajak agar membangun koordinasi, kerjasama, sehingga dapat  terjalin kerbersamaan ditubuh kedamangan, begitu juga dengan pemerintah daerah supaya bisa saling bersinergi,”  sebutnya.

Nantinya, tambah Akerman menyebut, dengan menghidupkan kembali system hukum adat yang pada dasarnya, merupakan bagian dari adat istiadat yang turun temurun dari nenek moyang umat suku Dayak yang ada di Kabupaten Gumas.

“Memang kita akui hukum adat kita pada jaman dulu tidak ada tertulis, tetapi kerana ketaatan dan keyakinan mereka, sehingga bisa, memiliki kekuatan hukum yang atas dasar adat istiadat leluhur juga mengandung kearifan lokal,” pungkasnya.(Gms/Red/BRP)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment



Contact Form

Name

Email *

Message *

Kapolda & Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74 debuyandi debuyandi debuyandi
Peta Sebaran Kasus COVID-19 | di Provinsi Kalimantan Tengah Tanggal 11 Juli 2020

debuyandi
Danramil 0906-06 Samboja & Kapolsek Samboja, Mengucapkan| Selamat Hari Bhayangkara ke-74

debuyandi
Back to Top